Reisa Broto Asmoro Sebut Kebaya Bisa Jadi Tren Seperti Batik, Usulkan Jadi Warisan Budaya ke UNESCO

| 10 Sep 2022 11:44
Reisa Broto Asmoro Sebut Kebaya Bisa Jadi Tren Seperti Batik, Usulkan Jadi Warisan Budaya ke UNESCO
Dokter sekaligus aktris Reisa Broto Asmoro usai menghadiri gelar wicara "Kebaya, Identitas Bangsa Menuju Warisan Dunia" di GFJA Jakarta, Jumat (9/9/2022). (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

ERA.id - Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa kebaya bisa menjadi tren seperti busana batik, mengingat saat ini banyak perempuan yang mulai mengenakan kebaya sebagai busana sehari-hari.

"Banyak yang sekarang berkebaya, dulu berangkatnya dari batik semua orang pakai batik, laki-laki perempuan. Nah sekarang laki-laki batik dan perempuan kebaya. Ini fesyen yang menarik," ujar Reisa dikutip dari Antara, Sabtu (10/9/2022).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 ini, mengatakan kebaya sudah digunakan oleh perempuan Indonesia sejak lama dan menjadi busana sehari-hari.

Hal serupa pun bisa dilakukan oleh para perempuan masa kini. Menurutnya, padu padan kebaya dapat disesuaikan dengan kegiatan yang akan diikuti.

"Kalau mau lebih modern, bisa dipadankan dengan rok plisket, jeans untuk jalan-jalan ke mal. Kalau ke kantor bisa dengan rok atau celana kerja yang lebih resmi, tergantung acaranya," katanya.

Lebih lanjut, Reisa mengaku senang lantaran banyak perempuan yang mulai tergerak untuk menjadikan kebaya sebagai tren kekinian.

Reisa pun setuju untuk mengusulkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda di UNESCO. Dia juga mengajak seluruh perempuan untuk mengenakan kebaya agar bisa seperti batik dahulu.

"Ini tren yang positif dan banyak support. Mumpung masih dianggap tren, jangan sampai lepas harus dimanfaatkan," katanya.

Rekomendasi