Tak Tega Lihat Banyak Anak Kelapan, Zayn Malik Surati PM Inggris Rishi Sunak, Begini Isinya

| 10 Nov 2022 08:45
Tak Tega Lihat Banyak Anak Kelapan, Zayn Malik Surati PM Inggris Rishi Sunak, Begini Isinya
Zayn Malik surati PM Inggris (Instagram/zayn)

ERA.id - Penyanyi Zayn Malik menulis surat terbuka untuk Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak. Surat tersebut meminta agar Sunak memperhatikan masalah kelaparan.

Surat terbuka itu dibagikan oleh Zayn lewat unggahan di Instagram miliknya, Senin (7/11/2022). Pada surat itu ia meminta kepala negara yang baru diangkat untuk memastikan bahwa anggarannya yang akan datang termasuk makanan sekolah gratis untuk semua anak di Universal Credit.

"800.000 anak di Inggris kehilangan Makanan Sekolah Gratis meskipun mereka hidup dalam kemiskinan. Makanan Sekolah Gratis adalah bantuan besar bagi anak-anak termiskin di masyarakat kita dan mereka menjamin makan siang yang panas dan bergizi setiap hari di sekolah," tulis Zayn.

Permintaan tersebut dikatakan oleh Zayn demi kesehatan fisik dan mental anak-anak yang merasa malu lantaran tidak mampu membeli makan siang. Bahkan akibat kelaparan dan hidup di garis kemiskinan, tidak sedikit anak-anak yang mencuri makanan di kantin sekolah lantaran merasa lapar.

"Anak-anak ini mengalami kurang konsentrasi, bahkan ada yang terpaksa mencuri makanan dari kantin sekolah karena sangat lapar tetapi tidak mampu membeli makan siang. Mereka juga merasa malu yang secara langsung berdampak pada kesehatan fisik dan mental mereka," jelasnya.

Pada surat tersebut, mantan personel One Direction itu juga menyinggung tentang pengalaman pribadinya yang hidup dan tumbuh dengan kondisi tersebut. Dengan demikian ia berharap tidak ada anak-anak yang harus mengalami kelaparan.

"Harapan saya adalah bahwa dalam menulis surat ini kita semua dapat memastikan bahwa tidak ada anak yang harus mengalami kelaparan dan stigma ini lagi karena pengalaman saya tidak unik, ini adalah perjuangan yang dialami banyak anak di Inggris dengan sedih saat ini," katanya.

Musisi yang menyambut anak pertamanya dengan Gigi Hadid itu menaruh harapan besar kepada pemerintah Inggris untuk membuat perubahan yang diperlukan. Sebab dengan melakukan perubahan itu, orang tua tidak perlu merasa khawatir dengan nasib anak-anaknya di sekolah.

"Mengetahui bahwa anak-anak mereka mendapatkan makan siang yang enak di sekolah akan sangat melegakan bagi orang tua yang sedang berjuang. Tekanan ini hanya akan bertambah buruk karena harga makanan dan energi terus meningkat," tutupnya.

Sementara itu, Sunak akan mengumumkan rincian laporan fisikal pemerintah pada 17 November 2022.

Rekomendasi