Alami Gangguan Pita Suara, Judika Diminta Dokter Berhenti Nyanyi

| 05 Dec 2022 14:10
Alami Gangguan Pita Suara, Judika Diminta Dokter Berhenti Nyanyi
Judika (Instagram/jud1ka)

ERA.id - Kabar mengejutkan datang dari salah satu solois ternama Indonesia, yakni Judika. Ia mengungkap bahwa dirinya disarankan untuk berhenti bernyanyi sementara waktu oleh dokter, karena pita suaranya mengalami gangguan.  

"Dokter sebenanrya sudah menyarankan untuk berhenti dulu. Kalau nggak suaranya rusak. Bagaimana pun aku nyanyi dua bulan terakhir ini dengan kondisi yang sangat tidak enak," ujar Judika dilansir dari YouTube Smart Netizen.

Dengan kondisi demikian, Judika akhirnya memilih untuk mengistirahatkan suaranya. Namun, ia tidak bisa istirahat lama, karena sudah memiliki jadwal bernyanyi yang padat ke depannya.

"Aku paling cuma waktu dari tanggal 18 berarti. Jadi kita 6 mingguan. Tahun depan kami sudah punya jadwal-jadwal yang nggak bisa di-stop. Penginnya istirahat, tapi efek pandemi kemarin banyak wedding tertunda. Jadinya ya akhirnya tahun depan itu banyak lagi," jelasnya.

Lebih lanjut, Judika bercerita awal pita suaranya mengalami gangguan. Sebelumnya ia ternyata sering bernyanyi dalam kondisi yang tidak sehat, sehingga memperburuk kondisi suaranya.

"Kemarin aku nyanyi kondisinya sempat 40 derajat demamnya. Jadi aku nyanyi itu dalam demam tinggi. Hampir sebulan nggak berhenti nyanyinya dan lagu-laguku nggak ada yang gampang. Nada-nada semuanya tinggi, nada identitasnya Judika," pungkas Judika.

Rekomendasi