Jabatan-jabatan Lord Rangga, Petinggi Sunda Empire yang Meninggal Dunia

| 07 Dec 2022 09:12
Jabatan-jabatan Lord Rangga, Petinggi Sunda Empire yang Meninggal Dunia
Lord Rangga (Instagram)

ERA.id - Lord Rangga petinggi Sunda Empire meninggal dunia, pada Rabu (7/12/2022). Semasa hidupnya, pria bernama asli Ki Ageng Rangga Sasana ini terkenal dengan penampilan nyentrik dan sebagai petinggi Sunda Empire.

Meski demikian, Lord Rangga ternyata sempat mengemban berbagai jabatan lainnya semasa hidupnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut jabatan-jabatan penting yang pernah dipegang Lord Rangga.

1. Ketua Majelis Partai

Lord Rangga menjabat sebagai Ketua Majelis Partai-Partai Rakyat Indonesia, sejak 1999 sampai sebelum meninggal dunia.

2. Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia

Rangga Sasana juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Bawang Merah Republik Indonesia, pada 2011 sampai 2016. Saat mengemban jabatan tersebut, ia sempat tampil di program Soegeng Sarjadi Forum yang tayang di TVRI.

3. Petinggi Sunda Empire

Popularitas Rangga mulai naik saat ia menjadi petinggi Sunda Empire dan diundang di program Indonesia Lawyers Club pada Januari 2020 lalu. Dinilai berbohong dengan kekaisaran Sunda Empire, Rangga dan dua rekannya dijatuhi hukuman penjara dua tahun.

Namun, karena berkelakukan baik dan asimilasi berkaitan dengan pandemi COVID-19, Rangga dibebaskan pada 2021. Ia dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan Banceuy, Bandung.

Kehidupan Rangga sempat tak lagi dibicarakan, hingga ia akhirnya membuat kehebohan ingin melabrak salah satu anggota DPR. Ia ingin melabrak anggota Komisi III DPR RI dari PDI Perjuangan, Arteria Dahlan terkait kontroversi penggunaan bahasa Sunda.

Jabatan terakhir yang diemban Rangga sebelum meninggal dunia adalah mananjer tim Persab Brebes, sejal 2 Agustus 2022. Namun, sebelum meninggal, ia diketahui mengundurkan diri dari jabatan tersebut. 

Rekomendasi