4 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Bisnis agar Omset Makin Bertambah

| 14 Dec 2022 16:31
4 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Bisnis agar Omset Makin Bertambah
Ilustrasi bisnis (Foto: Pexels/fauxels)

ERA.id - Dimasa pandemi, pebisnis harus memerlukan strategi tepat supaya usahanya menghasilkan omset. Tak hanya itu, mereka juga harus meningkatkan omset berlipat-lipat. Strategi penjualan harus menggunakan cara-cara tertentu.

Hal ini dilakukan untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Berikut cara mudah meningkatkan penjualan bisnis agar omset makin bertambah dari ketiga narasumber yang hadir di acara virtual GoBiz #JalanPinterJualan pada Rabu (14/12/2022).

Acara virtual GoBiz (Foto: Dok. GoBiz)
Acara virtual GoBiz (Foto: Dok. GoBiz)

1. Berjualan secara online

Membuka usaha baru secara online memang dapat dijadikan salah satu cara yang paling jitu agar usaha sebelumnya yang sudah berjalan dapat lebih berkembang. Terutama dengan perkembangan dari dunia digital ini yang terus meningkat inilah yang membuat perubahan signifikan terhadap usaha.

"Aplikasi GoBiz mendampingi perjalanan UMKM kuliner berjualan online dari hulu ke hilir," kata Head of Platform & GoFood Merchant Marketing Gojek, Felicia Wijaya.

2. Strategi promo produk kuliner

Pemilik bisnis kuliner dituntut lebih kretif dan inovatif khususnya untuk pemasaran bisnis kuliner. Agar dapat bertahan di pasar kuliner saat ini, kita memerlukan strategi pemasaran bisnis kuliner yang komprehensif sehingga memberikan dampak yang signifikan.

"UMKM kuliner di GoBiz memasarkan dan mengatur strategi promo produk kuliner di GoFood maupun pada layanan GoFood di Tokopedia. GoBiz memudahkan pengelolaan operasional bisnis secara digital melalui GoKasir," tutur Felicia Wijaya.

3. Edukasi bisnis dan pelatihan bisnis

Peluang usaha di masa pandemi Covid-19 adalah memberikan edukasi mengenai bisnis online. Pemberian edukasi mengenai bisnis online dilakukan agar masyarakat sasaran memiliki pengetahuan lebih mengenai bisnis online, media yang dapat digunakan untuk berbisnis online dan peluang dalam menjalankan bisnis online pada masa sekarang ini.

"Setiap solusi bisnis yang kami gunakan dalam aplikasi GoBiz sangat membantu Fried Chicken Geprek Gian baik dari sisi penjualan, operasional, pembayaran online hingga mendapatkan edukasi serta pelatihan bisnis," kata Nova Putra Legian, Pemilik Usaha Fried Chicken Geprek Gian dan perwakilan Mitra Usaha GoFood.

"Hasilnya, Fried Chicken Geprek Gian mampu meningkatkan penjualan hingga 3 kali lipat di tengah tantangan pandemi. Alhamdulillah, saat ini kami bahkan sudah punya 24 cabang di Jabodetabek dan memberdayakan lebih dari 50 karyawan," tambahnya.

4. Beralih pembayaran digital

Teknologi yang semakin maju tentunya harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik bisnis termasuk dalam hal melakukan promosi. Maka dari itu, pebisnis juga bisa beralih ke pembayaran digital.

"Kami mengapresiasi inisiatif Gojek yang telah mempermudah UMKM kuliner go-digital melalui aplikasi GoBiz. Kehadiran GoBiz dengan ragam solusi bisnis digital yang tepat tentu dapat menstimulasi UMKM kuliner untuk semakin naik kelas dari segala sisi bisnis." papar Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Christina Agustin,

Rekomendasi