Cara Ampuh Meningkatkan Kredibilitas Bisnis di Mata Pelanggan

| 18 Sep 2023 09:02
Cara Ampuh Meningkatkan Kredibilitas Bisnis di Mata Pelanggan
Ilustrasi (Pexels)

ERA.id - Dalam sebuah bisnis, kredibilitas adalah hal yang penting. Menurut cambridge dictionary, kredibilitas atau credibility adalah kemampuan seseorang atau sesuatu untuk dapat dipercaya. Dengan adanya kemampuan untuk dipercaya ini, bisnis Anda dapat menggaet pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan lama dari tingginya persaingan di pasar.

Lalu, bagaimana cara ampuh meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan? Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Memiliki media sosial yang telah terverifikasi

Tahukah Anda, bahwa sebelum membeli produk atau jasa, pelanggan akan melakukan riset online terlebih dahulu? Salah satu komponen riset online yang tampak kecil tapi penting adalah tanda centang biru atau centang hijau di media sosial.

Tanda centang biru atau centang hijau di berbagai media sosial bukanlah tanda biasa. Tanda ini mengisyaratkan bahwa akun terkait telah melewati proses verifikasi yang ketat dari pihak penyedia aplikasi. Bagi bisnis, verifikasi yang ketat ini meliputi pengumpulan dokumen-dokumen legal, nomor pajak, hingga KTP pemilik.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang atau pelanggan yang lebih percaya berinteraksi melalui akun yang memiliki tanda centang ini di media sosial perusahaan. Selain Instagram, biasanya WhatsApp juga merupakan salah satu sosial media yang sering digunakan untuk urusan komunikasi bisnis dengan pelanggan.

Karena inilah, penting bagi perusahaan untuk mendaftarkan akun WhatsApp menjadi verified melalui Business Solution Provider resmi WhatsApp seperti Shopkey. Selain menambah kredibilitas bisnis, akun yang memiliki centang hijau WhatsApp juga mendapatkan akses ke fitur-fitur premium lainnya, seperti WhatsApp Blast, bisa digunakan oleh multi agent, mendapatkan fitur Whatsapp masking, dan masih banyak lagi.

2. Menawarkan Produk Berkualitas

Hal paling penting dalam membangun dan mempertahankan kredibilitas bisnis adalah dengan menawarkan produk berkualitas secara konsisten. Ketika perusahaan Anda secara konsisten menawarkan produk yang bagus, maka pelanggan lama akan datang kembali ke perusahaan Anda jika membutuhkan produk yang sama.

Tidak hanya itu, pelanggan lama ini bisa jadi juga akan memberikan rekomendasi mengenai produk perusahaan Anda kepada orang lain dari mulut ke mulut. Hal ini tentunya membuat perusahaan Anda dapat semakin dikenal dengan tanpa mengeluarkan biaya pemasaran yang berlebihan.

3. Menawarkan Layanan Terbaik

Selain produk berkualitas tinggi, Anda juga perlu untuk menawarkan layanan terbaik. Layanan terbaik ini termasuk, layanan pelanggan (customer service) yang responsif, mampu menyediakan solusi yang tepat untuk permasalahan pelanggan dan layanan berupa tempat yang bersih jika perusahaan Anda bergerak di bidang F&B.

Sebab seringkali, pelanggan tidak membeli sebuah produk karena kualitasnya bagus atau rasanya enak, tetapi karena pelayanan yang ramah dan cepat. Misalnya, Anda perlu makan siang. Alih-alih memilih restoran yang enak dan berkualitas tetapi proses masaknya lama, tentu Anda akan memilih restoran yang makanannya tidak seenak restoran pertama, tapi cepat dan bersih penyajiannya. Hal ini karena jam makan siang Anda terbatas.

4. Meminta Pelanggan Untuk Memberikan Testimoni

Selain centang biru dan hijau di media sosial, kredibilitas bisnis di mata pelanggan secara digital juga dapat dibangun dengan cara meminta pelanggan untuk memberikan testimoni. Testimoni tersebut bisa ditampilkan di:

● Bagian ulasan di Google Maps. Selain membantu meningkatkan kredibilitas bisnis, hal ini juga bisa membantu pelanggan baru menemukan lokasi toko atau perusahaan Anda. Minta pelanggan untuk menuliskan ulasannya dan sebagai gantinya Anda bisa memberikan kupon atau hadiah lainnya.

● Bagian sorotan Instagram. Tulis “Testimoni” di bagian sorotan ini, supaya calon pelanggan baru bisa melihatnya.  Jika Anda memiliki dana pemasaran yang lebih, Anda juga bisa menggunakan jasa endorsement dari influencer untuk memberikan testimoni ini. Tentunya jika produk Anda juga sesuai dengan kriteria influencer tersebut. Namun perlu Anda ingat bahwa sebaik-baiknya review tetaplah review yang original.

5. Membuat Identitas Digital yang Tampak Profesional

Hal yang tidak kalah penting dari tanda centang hijau di media sosial dalam membangun identitas digital perusahaan adalah tampilan dari media sosial dan website perusahaan itu sendiri. Sederhananya, pelanggan tentu akan tampak ragu terhadap kredibilitas perusahaan Anda apabila tampilan media sosial dan website perusahaan tersebut tampak tidak tertata rapi.

Dalam website, hal ini termasuk durasi loading ke landing page dan halaman-halaman setelahnya. Dalam hal WhatsApp Business, hal ini termasuk informasi dalam deskripsi, tata letak katalog dan arus percakapan antara perusahaan dan pelanggan.

6. Menonjolkan Pencapaian

Perusahaan Anda pernah mendapatkan penghargaan dari majalah tertentu atau lembaga lainnya atau bahkan dari Presiden? Maka tonjolkan pencapaian tersebut dengan cara menampilkan berbagai penghargaan tersebut. Beberapa tempat yang umum digunakan untuk menampilkan penghargaan ini, seperti:

● Ruang tunggu di lobby perusahaan. Tujuannya adalah supaya pelanggan baru bisa membaca penghargaan tersebut.

● Landing page website. Umumnya, penghargaan yang ditampilkan di bagian-bagian ini adalah penghargaan yang bernilai besar atau terbaru. Adapun untuk informasi lengkapnya, bisa Anda sampaikan di halaman profil perusahaan.

● Bagian sorotan dan story di media sosial. Sama seperti testimoni, Anda juga bisa mencantumkan judul “award” di bagian ini. Selain sorotan, setiap Anda mendapatkan penghargaan, Anda juga bisa menampilkan publikasi penghargaan tersebut di bagian feed atau berita.

Adanya berbagai penghargaan ini tentu dapat lebih membangun kredibilitas perusahaan di mata pelanggan.

7. Prioritaskan Pelanggan

Dalam bisnis, pelanggan seharusnya menjadi nomor 1, sebab hal ini berkaitan langsung dengan keberlanjutan bisnis tersebut. Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan yang Anda berikan tidak hanya dapat menggunakan produk tersebut lagi, tetapi juga merekomendasikannya kepada orang lain. Begitu pula sebaliknya, kalau mereka tidak puas, mereka tidak akan beli lagi dan bisa mendorong orang lain untuk tidak menggunakan produk Anda.

Adapun yang dimaksud dengan memprioritaskan pelanggan di sini tidak hanya memberikan produk dan layanan terbaik, tetapi juga:

● Mendengarkan keluh kesah pelanggan dan memasukkan kritik dan saran tersebut untuk kemajuan perusahaan.

● Menyediakan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

● Jujur dan apa adanya mengenai fungsional produk yang ditawarkan. Dengan demikian, pelanggan tidak akan memberikan ekspektasi berlebih yang ujungnya justru akan menurunkan kredibilitas perusahaan apabila ekspektasi tersebut tidak tercapai.

8. Konsisten

Anda ingin perusahaan Anda dapat bertahan dalam waktu yang lama? Maka lakukan poin nomor 1-7 di atas secara konsisten. Sebab acap kali perusahaan yang sudah memiliki basis pelanggan kehilangan fokus bisnisnya, sehingga satu atau dua hal di atas mulai dilupakan. Apabila hal ini berlangsung terus menerus, bukan tidak mungkin jumlah pelanggan setia perusahaan Anda menurun dan Anda harus membangun kredibilitas ini dari awal lagi.

Selain kepada pelanggan, perusahaan juga perlu membangun kredibilitas yang baik di mata stakeholder lainnya, entah itu bank, pemerintah maupun karyawan. Sebab, setiap stakeholder memiliki kepentingan terhadap perusahaan, begitupun sebaliknya. Kredibilitas yang baik akan menciptakan citra perusahaan yang baik pula.

Tags : bisnis
Rekomendasi