Dokter Ingatkan Jangan Lupakan Aktivitas Fisik Selama Liburan, Hanya Perlu 30 Menit Tiap Hari

| 01 Jan 2023 06:31
Dokter Ingatkan Jangan Lupakan Aktivitas Fisik Selama Liburan, Hanya Perlu 30 Menit Tiap Hari
Ilustrasi orang-orang berlibur (Pixabay)

ERA.id - Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah - Pondok Indah dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp. PD mengingatkan orang-orang tak melupakan aktivitas fisik selama liburan demi menjaga kebugaran tubuh.

Dia mengatakan apabila lokasi pilihan liburan merupakan daerah pegunungan, maka hiking atau trekking dapat menjadi pilihan. Sementara bila daerah pantai, maka orang-orang dapat memilih jogging atau berenang.

"Pilih tempat yang aman untuk turis dan tersedia fasilitas kesehatan. Usahakan di tempat tersebut Anda dapat melakukan aktivitas fisik misal di pusat kota, mungkin Anda akan banyak jalan kaki keliling kota misalnya untuk berburu "hidden gems" atau "hidden spots" dan lain-lain," kata Dias dikutip dari Antara, Minggu (31/12/2022).

Dias menuturkan, pemilihan lokasi berlibur dapat disesuaikan dengan kepribadian seseorang misalnya lebih senang tempat tenang seperti pantai atau pegunungan. Namun, apabila senang dengan keramaian maka dapat dipilih destinasi di pusat kota tertentu seperti melakukan city tour.

Sementara itu, pakar kedokteran olahraga Elizabeth Quinn, MS seperti disiarkan Verywellfit mengakui orang akan mengalami gangguan dalam melakukan latihan karena berbagai alasan termasuk liburan.

Jika tujuan seseorang adalah mempertahankan tingkat kebugaran selama beberapa minggu latihan yang dikurangi, maka hanya perlu melakukan olahraga sedang selama 30 menit setiap hari.

Dia menyarankan orang-orang mencoba untuk merencanakan cara unik untuk memasukkan aktivitas dan jangan terlalu keras pada diri sendiri jika beraktivitas fisik lebih sedikit di luar musim liburan. Liburan, sambung dia, membutuhkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Rekomendasi