Sebarkan Video Ferry Irawan Merengek Minta Maaf, Pihak Keluarga Somasi Denny Sumargo: Melanggar UU ITE

| 20 Jan 2023 10:15
Sebarkan Video Ferry Irawan Merengek Minta Maaf, Pihak Keluarga Somasi Denny Sumargo: Melanggar UU ITE
Pihak keluarga Ferry Irawan (Foto: YouTube/Was Was)

ERA.id - Keluarga Ferry Irawan melalui kuasa hukumnya, Sunan Kalijaga melayangkan somasi ke Denny Sumargo. Pihak keluarga tidak terima video Ferry Irawan yang merengek minta maaf itu ditayangkan di podcast YouTube milik pria kerap disapa Densu itu.

Pihak keluarga tidak terima dengan Denny Sumargo yang sengaja menyebarkan video tangisan Ferry Irawan, tanpa meminta izin terlebih dahulu. Akibatnya, kini pihak keluarga merasa dirugikan lantaran banyaknya cibiran netizen.

"Ada seorang public figur, atlet, dengan sengaja kami duga menyebarluaskan sebuah video dari pada Mas Ferry Irawan tanpa seizin dan tanpa hak, sehingga membuat keluarga malu dan jadi bully-an masyarakat," ujar Sunan Kalijaga, dikutip dari kanal YouTube Was Was pada Jumat (20/1/2023).

Pihak keluarga Ferry Irawan (Foto: YouTube/Was Was)
Pihak keluarga Ferry Irawan (Foto: YouTube/Was Was)

Menurutnya, perbuatan dilakukan suami Olivia Allan ini sudah melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ia juga menyayangkan sikap Denny Sumargo yang belum meminta maaf kepada pihak keluarga Ferry Irawan.

"Perlu digarisbawahi dan diingat bahwa perbuatan tersebut dapat kami duga melanggar undang-undang ITE," kata Sunan Kalijaga.

"Di mana sampai dengan saat ini orang tersebut, publik figur atau atlet tersebut, belum pernah mengajukan permohonan maaf atau ada itikad baik kepada klien kami sekeluarga menyampaikan permohonan maafnya," lanjutnya.

Maka dari itu, keluarga dari aktor berusia 45 tahun ini menuntut Denny Sumargo agar segera meminta maaf. Mereka memberikan tenggat waktu selama 3x24 jam. Sunan Kalijaga merasa tersebarnya video tangisan Ferry Irawan dianggap sudah mencoreng nama baik keluarga.

"Untuk itu, detik ini, saat ini secara terbuka saya selaku kuasa hukum mewakili keluarga besar Ferry Irawan mensomasi saudara Denny Sumargo untuk segera membuat permohonan maaf dalam 3 kali 24 jam kepada keluarga besar Ferry Irawan," paparnya.

"Karena dari dampak, video yang diviralkan tersebut, ada nilai-nilai kerugian ke keluarga," lanjutnya.

Lebih lanjut, ayah Salmafina Sunan ini merasa bintang film 5 cm ini harusnya bisa bertanggung jawab atas konten yang ditayangkan di kanal YouTube-nya.

"Jadi kalau yang namanya podcast sudah jelas dia yang bertanggung jawab atas isi konten podcast tersebut. Tidak satu dua orang yang kita lihat bisa terjerat undang-undang ITE terkait podcast-nya dia, kalau podcast kan dia yang produksi, dia yang mengedit, dia yang menyebarluaskan, dia penuh yang harus bertanggung jawab," tutur Sunan Kalijaga. 

Sementara itu, pihak keluarga Ferry Irawan, Hari mengaku mendapatkan hujatan dari netizen akibat tersebarnya video tersebut. 

"Bahwa dia tidak edit video tersebut yang akhirnya jadi bully-an netizen atau masyarakat, dan sampai saat ini saya belum mendengar klarifikasi dari pada DS," imbuh Hari.

Diketahui, Denny Sumargo menyaksikan dan membagikan video permintaan maaf Ferry Irawan dalam podcastnya. Pria berusia 41 tahun ini meragukan penyesalan dan permintaan maaf yang direkam oleh suami Venna Melinda. Namun, ia memperkirakan Ferry Irawan kondisinya sedang kacau, sehingga tidak keluar air mata dalam video tersebut.

Rekomendasi