Ngeri, Pesawat Tunggal Mendarat Darurat dan Terbakar, Pilot Berhasil Selamat Meski Sempat Terjepit Roda

| 24 Jan 2023 16:00
Ngeri, Pesawat Tunggal Mendarat Darurat dan Terbakar, Pilot Berhasil Selamat Meski Sempat Terjepit Roda
Kecelakaan pesawat (Dok: Twitter/TxDOTHouston)

ERA.id - Seorang pilot berhasil selamat setelah mengalami kecelakaan pesawat di Texas. Pilot itu selamat tanpa mengalami luka setelah terjepit roda atas pesawat.

Departemen Keamanan Texas mengatakan pesawat bermesin tunggal itu jatuh di sisi utara SH-99, Minggu (22/1/2023) waktu setempat. Pesawat itu melakukan pendaratan darurat di jalan raya yang padat dan menabrak penghalang serta terbakar di jalan raya.

Dalam rekaman yang tersebar di media sosial, seorang saksi memperlihatkan kepulan asap hitam yang membumbung dari lokasi kecelakaan. Sebuah foto yang dibagikan oleh Departemen Keselamatan menunjukkan pesawat kecil di dekat pintu keluar jalan raya Telge Road dengan bagian depan menghadap ke bawah.

Pilot yang mengemudikan pesawat tunggal itu dilaporkan dalam keadaan selamat meski terjepit roda bagian atas pesawat. Laporan itu menyebut pesawat kehilangan tenaga saat mendekati jalan raya.

"Kami senang melaporkan bahwa dia tidak terluka. Rupanya pesawat kehilangan tenaga saat mendekati jalan raya," kata juru bicara Departemen Keamanan Publik Texas, dikutup People, Selasa (24/1/2023).

Sementara itu, menurut Administrasi Penerbangan Federal, pilot Beech M35 melaporkan kondisi pesawat mengalami masalah mesin dan melakukan pendaratan darurat sekitar pukul 11:30 waktu setempat. Sayap pesawat yang lebih lebar dari jalan raya terbakar ketika bergesekan dengan aspal dan pembatas jalan raya.

"Pilot Beech M35 bermesin tunggal melaporkan masalah mesin dan melakukan pendaratan darurat di Highway 99 dekat Tomball, Texas sekitar pukul 11.30 waktu setempat Minggu, 22 Januari," kata Administrasi Penerbangan Federal.

"Pesawat menabrak trailer, menabrak penghalang beton dan terbakar setelah mendarat. Hanya pilot yang ada di pesawat," lanjutnya.

FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional akan melakukan pemeriksaan terkait kecelakaan tersebut dan melakukan penyelidikan.

Rekomendasi