Quraish Shihab Tak Masalah Najwa Shihab Dicibir Gegara Belum Mau Pakai Hijab, Netizen Ngotot Lagi: Tutup Aurat Itu Wajib!

| 25 Jan 2023 17:24
Quraish Shihab Tak Masalah Najwa Shihab Dicibir Gegara Belum Mau Pakai Hijab, Netizen Ngotot Lagi: Tutup Aurat Itu Wajib!
Quraish Shihab dan Najwa Shihab (Foto: [email protected])

ERA.id - Jurnalis sekaligus presenter ternama, Najwa Shihab kerap mendapatkan cibiran netizen lantaran belum mau memakai hijab. Apalagi, ayahnya Quraish Shihab adalah salah satu keturunan Rasulullah SAW yang menyandang gelar Habib. 

Kali ini, Quraish Shihab memberikan pendapat mengenai Najwa Shihab yang belum memakai hijab sampai saat ini. Rupanya, keputusan wanita berusia 45 tahun ini untuk tidak memakai hijab tidak dipermasalahkan oleh sang ayah. 

"Jadi abi nggak apa-apa Nana (panggilan Najwa Shihab) belum pakai jilbab?" tanya Najwa Shiha, dikutip dari akun Instagram @lambegosiip pada Rabu (25/1/2023). 

"Terserah Nana. Jangankan pakaian, dalam bidang pendidikan terserah. Abi pernah paksa?" jawab Quraish Shihab. 

Lebih lanjut, paman Najwa Shihab, Alwi Shihab juga ikut berpendapat mengenai perempuan Muslim yang tak pakai hijab. Alwi mengatakan bahwa anak perempuannya juga tidak mengenakan hijab. Sama seperti Quraish, Alwi tak pernah memaksa putrinya untuk mengenakan hijab. 

"Saya punya anak perempuan, Mimi, juga tidak pakai jilbab, tapi karena kita hanya tahu satu, sehingga tidak mau melihat yang lain, lalu yang lain itu dianggap sesat," kata Alwi.

Namun, Alwi merasa perempuan Muslim memang sebaiknya memakai hijab, sesuai ajaran agama Islam. Tetapi, Alwi tak masalah jika ada perempuan Muslim belum niat mengenakan hijab. 

"Tapi satu hal, ya kalau bisa jilbab, lebih bagus, tidak berarti (tidak pakai jilbab) tidak lebih bagus, dan kalau memang belum bisa pakai jilbab, bisa pakai topi," ucapnya.

Potongan video itu dibanjiri respon netizen. Sebagian netizen sependapat dengan Alwi dan Quraish Shihab. Namun, sebagian lagi tak sependapat karena merasa perempuan Muslim hukumnya wajib memakai hijab. 

"Tutup aurat itu wajib bagi perempuan titik nggak pakai koma. Si Nana ngapain tanya-tanya dan bahas-bahas itu mulu sih. Seperti bingung, mau pakai ogah, nggak pakai takut dosa. Lama-lama stres sendiri," komentar akun @melissaa****

"Padahal dalam Islam sudah jelas-jelas di tulis dalam Al-Quran kalau perempuan wajib menutup aurat," tulis akun @yanamaya******

"Bahagia punya orangtua begini, yang menghargai keputusan anak-anaknya," kata akun @shincannoharashin*****

"Yes kembalikan lagi ke orang yang bersangkutan. Ayah yang sangat bijak menurut saya," ungkap akun @dinnay****.

Rekomendasi