Jalani Operasi Pengangkatan Rahim, Melaney Ricardo Ceritakan Penyakit yang Diderita

| 31 Jan 2023 14:00
Jalani Operasi Pengangkatan Rahim, Melaney Ricardo Ceritakan Penyakit yang Diderita
Melaney Ricardo (Instagram/melaney_ricardo)

ERA.id - Kabar mengejutkan datang dari presenter Melaney Ricardo, yang berkaitan dengan kesehatannya. Melalui kanal YouTubenya, Melaney mengungkap bahwa ia belum lama ini menjalani operasi pengangkatan rahim.

Pada video itu, Melaney menceritakan gejala dan penyakit yang dideritanya hingga harus operasi pengangkatan rahim. Melaney ternyata sering merasakan sakit ketika masa menstruasi.

"Kalau dulu belum melahirkan setiap menstruasi selalu sakit. Tapi akhir-akhir ini aku merasa sakitnya ekstra. Di mana dikasih painkiller pun kadang-kadang masih terasa lumayan sakit," ujar Melaney Ricardo di YouTubenya, pada Senin (30/1/2023).

Tak hanya sakit, darah yang keluar saat Melaney menstruasi juga cukup banyak. Bahkan ada satu kejadian di mana darah mengalir ke kakinya saat Melaney tengah ibadah di gereja. Ia akhirnya memeriksakan diri ke dokter dan mengetahui penyakit yang dideritanya.

"Ada satu kejadian waktu aku lagi kesaksian di gereja, aku selesai ibadah ada yang mengalir di kaki aku. Aku pikir keringat, ternyata darah. Jadi yang aku alami itu gejala adenomiosis," ungkapnya.

Setelah pemeriksaan, Melaney menjalani berbagai pengobatan mulai dari suntik pil KB hingga suntik hormon untuk menekan menstruasinya. Namun, berbagai pengobatan itu tak berhasil, hingga akhirnya memutuskan operasi pengangkatan rahim.

"Sampai akhirnya aku berpikir, oke apa yang harus aku lakukan nih. Kayakanya ada rasa takut, tapi aku pilih yang terbaik untuk tubuhku dalam waktu lama. Maju mundur, mengumpulkan keberanian, itu adalah operasi pengangkatan rahim," katanya.

Dengan rahimnya yang sudah diangkat, Melaney tidak akan menstruasi lagi dan mengalami kesakitan seperti sebelumnya. Ia juga bersyukur mengangkat rahim setelah memiliki dua orang anak dengan suaminya Tyson Lynch.

"Setelah rahimku diambil aku tidak akan menstruasi lagi. Tidak menopause, tapi tidak menstruasi. Ovariumnya masih ada, jadi berhubungan intim suami istri masih bisa," pungkas Melaney Ricardo.

Rekomendasi