Selain Mengikuti Tren, Ternyata Ini Kebiasaan Gen Z yang Bisa Mengancam Keuangan

| 24 Feb 2023 07:45
Selain Mengikuti Tren, Ternyata Ini Kebiasaan Gen Z yang Bisa Mengancam Keuangan
Ilustrasi Gen Z (Foto: Freepik/freepik)

ERA.id - Gen Z saat ini memiliki keunikan dalam hal pengelolaan keuangan. Sebagai generasi akhir yang paham dengan teknologi berbasis internet, Gen Z seringkali tidak sadar memiliki kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan.

Aliyah Natasya, Certified Financial Planner mengungkapkan kebiasan Gen Z yang bisa mengancam keuangannya. Menurutnya, Gen Z lebih boros terhadap kuliner dan transportasi. Apalagi biaya makan dan transportasi berbeda jauh, tergantung keinginan Gen Z.

"Banyak pasangan muda yang mengalami permasalahan harga makan dan transportasi. Apalagi, harga makan dan transportasi itu beda banget," kata Aliyah melalui acara virtual BCA pada Kamis (23/2/2023).

Virtual BCA (Foto: Zoom)
Virtual BCA (Foto: Zoom)

Lebih lanjut, Aliyah mengungkapkan bahwa tren selanjutnya adalah pekerjaan hybrid. Hybrid working adalah sistem baru yang fleksibel di mana karyawan bisa bekerja di kantor atau berbagai lokasi yang berbeda.

Namun, hal ini justru bisa membuat boros. Apabila mereka bekerja tidak di kantor, para pekerja akan menghabiskan waktu di cafe untuk mengerjakan tugas. Sehingga, mereka mengeluarkan pengeluaran untuk makan atau pun minum di cafe tersebut.

"Pertimbangan tren lainnya adalah pekerjaan. Berasa banget kalau kita kerja hybrid. Ini memang jadi tren," tuturnya.

Rekomendasi