Konsep Intimate Wedding Masih Menjadi Tren di Kalangan Gen Z

| 03 Jun 2024 19:00
Konsep Intimate Wedding Masih Menjadi Tren di Kalangan Gen Z
Ilustrasi intimate wedding (Pexels)

ERA.id - Kalangan Generasi Z atau Gen Z yang kelahiran tahun 1997 sampai 2012 kini sudah mulai mempersiapkan pernikahan. Untuk menggelar acara pernikahan, para Gen Z ternyata memiliki konsep favorit, yakni konsep intimate wedding.

Pernikahan yang digelar intimate ini berarti acaranya hanya dihadiri oleh keluarga dan teman-teman terdekat pengantin. Hal ini terungkap lewat survei yang diungkapkan oleh Senior Event and Marketing Manager Bridestory, Ayu Fadillah. 

“Kita sempat mengadakan survei sebenarnya di tahun 2023 untuk membuat data di tahun 2024 mengenai wedding tren ini. Memang trennya sekarang anak-anak Gen Z itu lebih memilih pernikahan intimate, karena mereka terkenal banget dengan istilah introvert. Jadi mereka hanya mau pernikahan mereka dihadiri oleh orang terdekat,” kata Ayu Fadillah saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jumat (31/5/2024). 

Meski demikian, keinginan Gen Z untuk menggelar intimate wedding sering dipengaruhi oleh permintaan orang tua yang ingin menggelar pesta pernikahan besar dengan mengundang banyak tamu. 

“Tapi balik lagi kenyataan ketika eksekusi tetap banyak pernikahan yang diadakan besar-besaran, karena orang tua gitu,” tambahnya. 

Hal tersebut akhirnya pun memunculkan tren acara pernikahan yang digelar dua kali dalam sehari. Pada siang hari acara pernikahan digelar secara besar dengan mengundang banyak tamu, dan pada malam hari akan digelar acara yang lebih intim. 

“Ini memunculkan tren di mana siang hari mereka (Gen Z) buat acara besar-besaran dengan tamu 500 sampai 1.000. Tapi saat malam itu selalu ada yang namanya after party, yang biasanya dirayakan bersama teman-teman mereka saja,” pungkas Ayu Fadillah. 

Rekomendasi