Bikin Konten Bersih-bersih Rumah Tapi Sampahnya Nggak Dibuang Keluar, Arie Kriting Sindir Kemenkeu?

| 13 Mar 2023 17:25
Bikin Konten Bersih-bersih Rumah Tapi Sampahnya Nggak Dibuang Keluar, Arie Kriting Sindir Kemenkeu?
Arie Kriting (Foto: Instagram/@arie_kriting)

ERA.id - Belum lama ini, komika Arie Kriting membuat konten video bersih-bersih rumah. Konten tersebut pun memunculkan anggapan bahwa itu dibuat untuk menyindir Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI). 

Seperti diketahui, Kemenkeu saat ini tengah melakukan bersih-bersih internal untuk 'membasmi' para pegawai yang tak menjalankan integritas dan melanggar aturan. Kemenkeu membebastugaskan hingga memecat pegawai apabila terbukti melakukan pelanggaran disiplin berat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta bantuan kepada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD untuk membersihkan institusi Kemenkeu, terutama terkait transaksi janggal sebesar Rp300 triliun. 

Sri Mulyani juga tengah melakukan investigasi terhadap 69 pegawainya yang memiliki harta tak wajar. Ia sedang membersihkan pegawai yang korupsi dan berkhianat. 

Suami Indah Permatasari membuat video yang seolah-olah menyindir pemerintah. Dalam video itu, Arie Kriting melihat berita soal pemerintah sedang melakukan bersih-bersih. Maka dari itu, ia tergerak untuk melakukan bersih-bersih.

"Pemerintah lagi giat melakukan upaya bersih-bersih, banyak lembaga bersih-bersih. Masuk akal juga nih mending bersih-bersih," kata Arie Kriting, dikutip dari akun Instagram @rumpi_gosip pada Senin (13/3/2023).

Bintang film Comic 8 ini mengambil sapu dan menyingkirkan sampah-sampah di dalam rumahnya. Tetapi ia menyembunyikan sampah-sampahnya di kolong sofa, bukan dibuang keluar rumahnya. 

"Kebetulan rumah kotor sekali, saatnya bersih-bersih. Saatnya beraksi, untungnya pas lagi gabut, nggak tau ngapain. Saya baca artikel, kalau pemerintah lagi bersih-bersih. Saya jadi terinspirasi deh bersih-bersih. Untung saya baca artikel itu," jelasnya.

Pria berusia 37 tahun ini memperlihatkan rumahnya terlihat bersih walau sampah-sampahnya tak dibuang. Namun, ia baru sadar bahwa aksinya ini mengundang berbagai penyakit.

"Sudah bersih-bersih, eh tapi kalau bersih-bersih sampahnya tidak dikasih keluar, berarti sumber penyakitnya masih tetap ada di dalam dong?" tuturnya.

"Wah, bukan bersih-bersih namanya, cuma disembunyikan saja. Anggap saja bersih-bersihnya sudah beres," diakhiri dengan tertawa.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka sependapat dengan Arie Kriting yang membuat konten bersih-bersih untuk menyindir Kemenkeu.

"Ceritanya yang penting nampak luar bersih ya. Makanya pada buat instruksi dilarang pamer, bukan dilarang korupsi," komentar akun @citra****

"Hehe intinya cuma biar keliatan bersih aja, padahal cuma pindahin doang. Tetap aja begitu," tulis akun @cucan_****

"Fakta si,, bersih di luar belum tentu sampai tong sampah, susah tuk dibersihkan minim kesadaran buat rakyat biasa," kata akun @untukmus****

Rekomendasi