Punya Kesepakatan Bersama, PA Bandung Sebut Alshad Ahmad yang Mantap Ceraikan Nissa Asyifa

| 24 Mar 2023 13:50
Punya Kesepakatan Bersama, PA Bandung Sebut Alshad Ahmad yang Mantap Ceraikan Nissa Asyifa
Alshad Ahmad (Foto: Instagram/@alshadahmad)

ERA.id - Pihak Pengadilan Agama (PA) Bandung membenarkan bahwa Alshad Ahmad sudah menikah lalu menceraikan Nissa Asyifa. Keduanya disebut bercerai dengan alasan memiliki kesepakatan bersama. 

Diketahui dari salinan putusan Mahkamah Agung (MA), pernikahan sepupu Raffi Ahmad dan Nissa Asyifa berlangsung secara siri pada 30 September 2022. Pernikahan berlangsung saat Nissa Asyifa sedang hamil 8 bulan. Dijelaskan juga kehamilan terjadi karena hubungan terlarang.

Pada 11 November 2022, kekasih Tiara Andini ini mengajukan pendaftaran itsbat nikah sekaligus permohonan cerai talak dari Nissa Asyifa. Terakhir putusan ikrar talak dan pembuatan akta cerai baru secara resmi dikeluarkan pada 28 Desember 2022.

Asep M. Ali Nurdin, Wakil Ketua PA Bandung mengungkapkan pihak laki-laki yang sudah mengajukan gugatan talak terhadap pihak perempuan. Namun, ia tak bisa membuka data tersebut karena privasi dari kedua belah pihak.

Wakil Ketua PA Bandung (Foto: YouTube/Intens Investigasi)
Wakil Ketua PA Bandung (Foto: YouTube/Intens Investigasi)

"Tanggalnya di sini tertulis 11 November tahun 2022. Yang mendaftarkan ya sesuai dengan yang di sinilah. Yang mendaftarkan ada sesuai beredar, cerai talak yang maju pihak laki-laki. Kita nggak bisa buka data itu, karena masalah privasi," katanya, dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi pada Jumat (24/3/2023).

Asep mengungkapkan bahwa sepupu Raffi Ahmad ini memiliki kesepakatan dengan Nissa Asyifa sebelum resmi bercerai. Akan tetapi Asep enggan memberikan informasi lebih lanjut terkait hal tersebut.

"Katanya ada kesepakatan dibuat mereka berdua dan biasanya kesepakatan itu sudah selesai. Entah kenapa sekarang jadi muncul ramai, makanya sekalipun muncul ramai tapi karena ini masalah privasi seseorang (nggak bisa dijelaskan rinci)," jelasnya.

Ketika sedang dalam persidangan perceraian, Asep mengatakan pihak keluarga Alshad dan Nissa hadir sebagai saksi. 

"Biasanya kalau sudah tahap pembuktian itu pasti saksi keluarga diminta keterangan, semua tanpa kecuali. Itu satu kewajiban ketika sebuah perkara perceraian itu mau berakhir," paparnya.

Sebelum resmi bercerai, pihak Alshad maupun Nissa melakukan mediasi. Namun, mediasi itu tidak berujung perdamaian. Sehingga, Alshad dan Nissa mantap untuk bercerai.

"Biasa pihak keluarga dipanggil kedua-duanya ditanya masih bisa mengupayakan mereka rukun lagi atau tidak. Karena memang pengadilan itu tugas utamanya sebetulnya merukunkan atau mempersatukan kembali rumah tangga bermasalah," tuturnya.

"Tapi kalau sudah tidak bisa diberi saran, dinasehati, dua-duanya tetap pengen pisah, masa kita mau paksa," lanjutnya. 

Rekomendasi