Turis yang Foto Telanjang dan Nempel di Pohon Tua Pura Babakan Bali Dideportasi

| 19 Apr 2023 18:25
Turis yang Foto Telanjang dan Nempel di Pohon Tua Pura Babakan Bali Dideportasi
Turis telanjang di pohon tua suci di Bali (Instagram)

ERA.id - Turis asal Rusia yang mengunggah foto telanjang dirinya di pohon tua dan suci di Pura Babakan Bali telah dideportasi. Perempuan berusia 40 tahun yang diketahui bernama Luiza Kosykh itu sudah pulang ke Moskow pada Minggu (16/4/2023).

Dilansir dari Channel News Asia, pejabat Badan Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, I Nengah Sukadana mengatakan bahwa Luiza dideportasi setelah beberapa hari ia diamankan oleh pihak imigrasi setempat. Ia ditangkap pihak keamanan pada Rabu, 12 April 2023 lalu.

Luiza Kosykh ditangkap usai fotonya yang telanjang dan berpose di pohon tua dan suci berusia lebih 700 tahun viral di media sosial. Foto tersebut mengundang kemarahan dari masyarakat lokal Bali yang beragama Hindu dan menganggap pohon tersebut suci.

Saat pemeriksaan Luiza sempat mengaku bahwa foto tersebut diambil sudah cukup lama. Ia juga mengaku tidak mengetahui bahwa pohon tersebut suci dan menjadi ikon budaya masyarakat lokal.

Meski demikian, tindakan Luiza ini tetap dianggap meresahkan dan diputuskan dirinya untuk dipulangkan ke negara asal. Luiza sendiri diketahui datang ke Bali, Indonesia, pada Januari lalu dengan visa sementara yang berakhir pada Desember 2024 mendatang.

Sementara itu, pihak pengelola lokasi pohon tua yang dianggap suci tersebut berjanji akan menindak keras turis yang berperilaku sembarangan. Mereka meminta masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian adat dan budaya mereka.

"Tidak semua turis tahu hal yang bisa dan tidak diperbolehkan di Bali. Oleh karena itu kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga lingkungannya agar kejadian tersebut tidak terulang kembali," kata pejabat Badan Hukum dan Hak Asasi Manusia setempat, Anggiat Napitulu.

Rekomendasi