Meninggal Dunia, Iqbal Pakula Punya Riwayat Sakit Jantung hingga Pasang Ring

| 25 Apr 2023 21:25
Meninggal Dunia, Iqbal Pakula Punya Riwayat Sakit Jantung hingga Pasang Ring
Iqbal Pakula (Foto: Instagram/@iqbalpakula21)

ERA.id - Iqbal Pakula meninggal dunia pada Selasa, 25 April 2023 pukul 02.30 WIB di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta. Istri Iqbal Pakula, Andiez La’Nuite mengatakan sang suami divonis sakit jantung sejak bulan November tahun 2022.

Dia menambahkan sejak divonis mempunyai penyakit jantung, Iqbal melakukan operasi pemasangan ring jantung pada bulan Desember dan kondisinya sempat membaik sebelum akhirnya penyakit jantungnya kembali memburuk.

"(Setelah pasang ring) ada perubahan tapi balik lagi mungkin karena komplikasi penyakit lain juga jadi gampang drop," kata Andiez, dikutip dari Antara.

Pemakaman Iqbal Pakula (Foto: Antara/Farhan Arda Nugraha)
Pemakaman Iqbal Pakula (Foto: Antara/Farhan Arda Nugraha)

Andiez mengatakan semenjak dipasang ring jantung Iqbal telah mengurangi jam kerjanya dan menolak beberapa tawaran syuting.

"Dia (Iqbal) udah nolak-nolak (tawaran syuting) karena udah enggak fit kondisinya dan gampang capek," kata Andiez.

Meskipun telah mengurangi jam kerja dan menolak beberapa tawaran berakting namun kondisi keuangan keluarga Iqbal masih cukup untuk menghidupi mereka karena ikut ditopang oleh Andiez yang juga bekerja.

Semenjak menderita penyakit jantung Iqbal kerap mengeluh mudah lelah, sesak nafas, dan dadanya kadang merasa sakit. Nafsu makan Iqbal juga berkurang yang membuatnya kehilangan berat badan sebesar 10 kilogram.

Kondisi Iqbal semakin memburuk ketika malam takbiran dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta Timur. Dia mendapatkan perawatan intensif hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Selasa dini hari pukul 02.32.

Aktor Iqbal Pakula dimakamkan pada Selasa pukul 13.00 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, Jakarta Selatan. Dalam pemakaman tersebut turut dihadiri oleh beberapa teman artis seperti Teuku Wisnu, Dude Herlino, Beby Romeo, Meisya Siregar, Bemby Putuanda, Indra Brasco, hingga Mona Ratuliu.

Teman Iqbal sekaligus aktor Bemby Putuanda mengatakan bahwa Iqbal merupakan sosok yang baik semasa hidupnya.

"Terus terang bahwa Iqbal itu orang baik, kita semua bersaksi kalau (Iqbal) orang baik," kata Bemby yang mewakili teman-teman Iqbal.

Rekomendasi