Usung Tema Tahun 1998, Kwikku Gelar Kompetisi Menulis Berhadiah Rp500 Juta

| 04 May 2023 17:32
Usung Tema Tahun 1998, Kwikku Gelar Kompetisi Menulis Berhadiah Rp500 Juta
Lomba menulis Kwikku (dok. Kwikku)

ERA.id - Kwikku kembali menggelar Kompetisi Menulis Kwikku pada tahun 2023 ini, bersama Falcon Pictures. Pada kompetisi pemenangnya akan mendapat hadiah total Rp500 juta.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini kompetisi menulis Kwikku mengusung tema "Sepotong Kisah di Balik '98". Kompetisi tahun ini juga hanya melombakan satu kategori, yakni novel.

Dalam penyelenggaran kompetisi ini, terdapat 5 juri yang akan menyeleksi karya peserta, yakni Dee Lestari, A. Fuadi, Erisca Febriani, Luluk HF, dan Okky Madasari. Para juri yang juga penulis ternama ini berharap kompetisi bisa melahirkan talenta-talenta baru di dunia kepenulisan.

"Meski tema pada tahun ini terbilang cukup serius dan membutuhkan effort lebih dalam melakukan riset, kami optimis kompetisi ini akan tetap mampu menemukan banyak talenta baru di dunia kepenulisan Indonesia, yang mempunyai ide segar dengan kemampuan menulis yang mumpuni," kata Dee Lestari pada jumpa pers virtual, Rabu (3/5/2023).

Lebih lanjut, para juri juga menyampaikan kriteria naskah cerita untuk penilaian. Salah satunya tata bahasa tulisan yang harus rapi dan memiliki logika cerita yang menarik.

"Kerapihan naskah itu sangat penting. Kuasailah tata bahasa yang basic saja, nggak usah terlalu baku. Minimal ada rambu-rambu dasar yang perlu dikuasai. Lalu logika cerita juga harus diperhatikan ya," lanjut Dee Lestari.

Sebagai informasi, kompetisi menulis Kwikku ini digelar sejak 3 Mei hingga 3 Agustus 2023 mendatang. Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui website event.kwikku.com.

Rekomendasi