Desainer Lenny Hartono Hadirkan Busana Bertema Barbie di Bali Fashion Parade 2023

| 01 Jul 2023 08:05
Desainer Lenny Hartono Hadirkan Busana Bertema Barbie di Bali Fashion Parade 2023
Bali Fashion Parade (Dok: Antara)

ERA.id - Desainer Lenny Hartono ikut berpartisipasi dalam ajang Bali Fashion Parade 2023. Dalam gelaran ini, Lenny akan memamerkan koleksinya dengan tema Barbie.

Lenny Hartono menjadi satu dari 23 desainer Indonesia yang lolos dalam proses kurasi ajang Bali Fashion Parade 2023. Kali ini, Lenny akan memadukan konsep barbie dengan bahan-bahan kain khas seperti wastra dan batik.

“Semua serba barbie karena kebetulan Juli ada rilis film Barbie jadi momen yang pas apalagi tahun ini boleh menampilkan apa saja sekreatif mungkin. Ada 24 model saya bawa semua seperti barbie termasuk koreografinya,” kata Lenny, dikutip Antara.

Lalu, kata Lenny, dia bercerita bahwa 100 persen karyanya menggunakan konten lokal yang dibeli dari UMKM dalam negeri, namun dari yang biasanya ia menggunakan bahan daur ulang kali ini harus menggunakan bahan dari nol.

Hal tersebut lantaran bahan yang ada cukup sulit untuk dipadukan dengan konsep barbie yang serba berwarna merah muda, termasuk kesulitannya hingga saat ini untuk mencari kain endek dengan warna serupa.

Ia berharap semangatnya untuk mengenalkan Bali sebagai ikon busana kepada wisatawan dunia melalui Bali Fashion Parade 2023 yang akan berlangsung di Hotel TS Suites, Seminyak, ini dapat diikuti desainer-desainer lain.

“Saya ingin supaya makin banyak desainer muda yang baru lulus bersemangat untuk berkreasi juga UMKM Bali lebih bersemangat, karena dengan berkreasi kan beli bahan di sana kemudian membantu penenun, perajin, atau penjahit jadi saling menunjang menghidupkan pekerja di dalam,” ujarnya.

Diketahui sebanyak 10 perancang busana lokal Bali dijadwalkan tampil membawa karyanya di Bali Fashion Parade 2023. Ketua Bali Fashion Parade 2023 Yongki Perdana mengatakan awalnya ada sekitar 50 perancang busana yang mengajukan diri, namun setelah dikurasi terpilih 23 desainer yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Desainer Bali ada 10, sisanya Jakarta, Surabaya, Malang, hingga Lampung. Kita melihat dan menilai karyanya masuk kategori seperti ada unsur etnik, karena bagaimanapun kurasi itu untuk mengedukasi desainer agar mereka terus berkarya,” kata Yongki.

Selain Lenny Hartono, beberapa perancang busana atau merek lokal Bali yang akan tampil pada 29 Juli 2023 adalah Uluwatu Handmade Balinese Lace, Kirana Kepakisan, Anna Kebaya, hingga TS Store milik hotel TS Suites.

Yongki berharap melalui kegiatan yang biasanya disaksikan pecinta busana dalam negeri maupun luar negeri ini, desainer lokal dapat sekaligus berpromosi dan mengenalkan karyanya.

“Pastinya juga dengan event seperti ini semoga bisa membantu masyarakat Bali agar berdampak dari segi industri perajin lalu perkembangan ekonomi berjalan baik,” ujarnya.

Pada gelaran kedua Bali Fashion Parade ini, Yongki yang juga pemilik YMM Event Organizer selaku penyelenggara mengumumkan bahwa tema yang diangkat tak hanya etnik seperti tahun lalu, namun juga menyentuh konsep musim panas dan koktail.

Rekomendasi