Benarkah Pulang Haji Dilarang Keluar Rumah? Begini Penjelasan dari Buya Yahya

| 04 Jul 2023 22:05
Benarkah Pulang Haji Dilarang Keluar Rumah? Begini Penjelasan dari Buya Yahya
Ibadah haji (Foto dari Antara)

ERA.id - Pemulangan Jemaah Haji dari Arab Saudi ke Indonesia dimulai pada 4 Juli hingga 2 Agustus 2023. Para jemaah yang sudah menjalani ibadah suci di tanah Mekah telah dinantikan oleh para keluarga dan orang terdekat. Di beberapa daerah di Indonesia, ada kepercayaan bahwa jemaah haji yang baru pulang tidak boleh keluar rumah. selama beberapa hari. Benarkah pulang haji dilarang keluar rumah selama 40 hari?

Kepercayaan pantangan keluar rumah selama 40 hari setelah pulang haji masih diyakini oleh masyarakat, khususnya di Jawa. Kepercayaan tersebut terus dipegang sampai sekarang meski banyak masyarakat yang tidak tahu maksud dan tujuan dari tradisi tersebut. Banyak yang mempertanyakan benarkah pulang haji dilarang keluar rumah dulu hingga 40 hari lamanya?

Ibadah haji (Foto dari Antara)

Benarkah Pulang Haji Dilarang Keluar Rumah?

Pembahasan mengenai kepercayaan dilarang keluar rumah setelah pulang haji disampaikan oleh KH Yahya Zainul Ma’arif. Ustaz yang akrab disapa Buya Yahya tersebut mendapat pertanyaan dari jemaah asal Majalengka yang menanyakan ada atau tidaknya larangan tersebut dalam syariat Islam. 

“Gini Buya, katanya orang yang habis hajian gak boleh keluar selama 40 hari. Apakah itu betul? Mohon dalilnya kalau ada,” ucap jemaah yang bertanya, dikutip dari YouTube Al Bahjah TV.

Buya Yahya mengatakan tidak ada larangan keluar rumah setelah pulang haji. Kiai yang tahun ini berusia 49 tahun tersebut tidak membenarkan larangan keluar rumah selama 40 hari setelah jemaah pulang dari tanah suci. 

“Setelah pulang dari haji gak bener kalau dilarang keluar (rumah),” kata Buya Yahya.

Dalil Larangan Keluar Rumah setelah Pulang Haji

Buya Yahya juga menyampaikan bahwa tidak ada dalil untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tidak ada hadis yang menyatakan larangan keluar rumah bagi jemaah yang baru pulang ibadah haji. 

“Dalil larangannya tidak ada. Kalau tidak ada gak perlu disebutkan,” ujarnya.

Terkait kepercayaan yang masih dipegang masyarakat tersebut, Buya Yahya mengatakan bahwa larangan keluar rumah bagi jemaah haji ini merupakan tradisi yang dilakukan umat Islam di Indonesia. Namun dalam Islam tidak ada larangan keluar rumah secara khusus ketika baru pulang dari haji. 

"Jadi, tidak ada larangan. Mau pergi kemana pun boleh. Tidak ada larangan. Tidak ada keharaman. Abis pulang haji Anda boleh jalan keliling, ziarah ke ibu, boleh. Gak ada larangan itu semuanya," kata Buya Yahya.

Demikianlah ulasan mengenai benarkah pulang haji dilarang keluar rumah. Buya Yahya mengajak masyarakat untuk mengambil sisi positif dari tradisi tersebut. Orang yang baru pulang dari haji sebaiknya tidak keluar rumah dulu karena pasti mendapat kunjungan dari banyak tamu. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi