Pertama dalam Sejarah, Panda Raksasa di Korea Selatan Lahirkan Anak Kembar

| 12 Jul 2023 18:10
Pertama dalam Sejarah, Panda Raksasa di Korea Selatan Lahirkan Anak Kembar
Panda kembar (Dok: Istimewa)

ERA.id - Kebun binatang di Korea Selatan membawa kabar bahagia tentang kelahiran anak kembar dari panda raksasa. Kelahiran anak kembar itu menjadi kali pertama dalam sejarah di Korea Selatan.

Si kembar yang berjenis kelamin perempuan itu lahira dengan selamat pada Jumat (7/7/2023) waktu setempat. Keduanya lahir di taman hiburan Everland dekat ibu kota Seoul, Korea Selatan. 

“Ini terasa seperti kesempatan besar untuk menyerukan perlindungan dan pelestarian panda yang lebih baik, yang telah menjadi simbol spesies yang terancam punah," kata Donghee Chung, kepala kebun binatang tersebut, dikutip Reuters

Kembar pertama memiliki berat 180 gram dan kembaran kedua, yang tiba hampir dua jam kemudian, memiliki berat 140 gram.

Kelahiran si kembar terjadi hampir tiga tahun setelah Fu Bao, panda pertama yang lahir di Korea Selatan, lahir dengan orang tua yang sama Ai Bao dan Le Bao.

“Dibandingkan saat Fu Bao lahir, kali ini ada dua dan saya pikir (orang tuanya) pasti dua kali lebih bahagia," kata penjaga kebun binatang Cherwon Kang. 

Lalu, kata Kang, proses persalinan Ai Bao kali ini lebih lancar dibandingkan dengan kehamilan pertamanya. 

Ai Bao dan Le Bao, tiba di Korea Selatan pada 2016 sebagai hadiah kenegaraan dari Presiden China Xi Jinping. China telah lama mengerahkan "diplomasi panda", menghadiahkan hewan-hewan itu ke berbagai negara, seringkali untuk memajukan tujuan kebijakan luar negerinya.

Beijing hanya meminjamkan panda ke kebun binatang asing, yang biasanya harus mengembalikan keturunannya dalam beberapa tahun setelah kelahiran mereka untuk bergabung dengan program pemuliaan negara tersebut.

Fu Bao akan dikembalikan ke China paling lambat Juli tahun depan. 

Rekomendasi