Inilah 5 Amalan Hari Jumat yang Sebaiknya Dibiasakan

| 14 Jul 2023 21:20
Inilah 5 Amalan Hari Jumat yang Sebaiknya Dibiasakan
Ilustrasi salat di masjid (pixabay)

ERA.id - Amalan hari Jumat ada banyak jumlahnya. Akan sangat disayangkan jika umat muslim tidak memaksimalkan hal tersebut untuk mendapatkan rida Allah Swt.

Allah Swt. telah menjadikan Jumat sebagai hari yang penuh keberkahan. Tinggal bagaimana kita sebagai umat muslim memaksimalkan ibadah pada hari ini. Dikutip Era.id dari Dompet Dhuafa, berikut ini beberapa amalan hari Jumat yang sebaiknya dilakukan.

Amalan Hari Jumat bagi Umat Muslim

1. Mandi sebelum salat Jumat

 Ilustrasi mandi sebelum salat Jumat (pexels)

Rasulullah saw. menganjurkan untuk mandi sebelum melaksanakan salat Jumat. Sebelum datang ke masjid untuk salat Jumat, kita dianjurkan untuk membersihkan tubuh. 

Rasulullah saw. bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian menghadiri salat Jumat, maka hendaklah ia mandi,’’ (HR. Bukhari).

2. Memakai wewangian

Selain mandi, Rasulullah saw. juga bersiwak dan memakai wewangian sebelum salat Jumat. Selain kebersihan, ini menunjukkan bahwa kita perlu membuat orang lain di sekitar merasa senang dengan aroma yang harum, setidaknya tidak beraroma tidak sedap yang bisa mengganggu.

“Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak),’’ (HR. Ibnu Majah).

3. Pakai pakaian terbaik, tetapi tidak berlebihan

Rasulullah menggunakan pakaian yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Hal tersebut seperti yang telah disampaikan Allah Swt. dalam surah Al-Araf ayat 31.

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus di setiap (memasuki) masjid, makan, dan minumlah, tetapi jangan berlebih-lebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-Araf:31)

4. Menyegerakan berangkat ke masjid untuk salat Jumat

Allah memerintahkan kita untuk menyegerakan bersiap-siap dan berangkat ke masjid saat azan salat Jumat telah berkumandang. Ketika perintah salat telah terdengar, urusan dunia seperti jual beli juga sebaiknya segera ditinggalkan.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.’’ (QS. Al-Jumuah: 9)

5. Membaca surah Al-Kahfi

Salah satu amalan hari Jumat yang sebaiknya dilaksanakan oleh umat muslim adalah membaca surah Al-Kahfi.

“Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Rekomendasi