Sindir Alshad Ahmad Soal Kematian Bayi Harimau, Awkarin: Sudah Lama Jadi Kontroversi

| 27 Jul 2023 15:58
Sindir Alshad Ahmad Soal Kematian Bayi Harimau, Awkarin: Sudah Lama Jadi Kontroversi
Awkarin (Foto: Instagram/@narinkovilda)

ERA.id - Kematian bayi harimau yang dipelihara Alshad Ahmad bernama Cenola menjadi perbincangan publik. Menurutnya, sosok Alshad sudah lama dikenal sebagai orang yang kontroversi.

Tak hanya netizen, selebgram Awkarin juga menyoroti kasus tersebut. Bukan pertama kalinya, Awkarin menyebut  sudah ada 7 anak harimau yang mati dari 1 indukan yang dirawat Alshad Ahmad.

Melalui Instagram pribadinya, perempuan bernama asli Karin Novilda menyoroti kasus kekasih Tiara Andini yang merawat harimau di rumah.

Dalam unggahannya itu, Awkarin menyebutkan satwa liar seharusnya tidak ditempatkan di rumah. Awkarin menjelaskan mengenai penangkaran hewan di rumah, rantai makanan, hingga perpindahan hewan dari habitat asalnya.

Unggahan Awkarin (Foto: Instagram/@awkarin)
Unggahan Awkarin (Foto: Instagram/@awkarin)

"Binatang buas adalah binatang yang berada di posisi teratas dalam rantai makanan. Dengan banyaknya manusia memelihara binatang buas, hal ini akan bikin ekosistem jadi terganggu, baik untuk tempat yang ditinggal oleh binatang buas tersebut ataupun tempat baru untuk untuk binatang buas itu," tulis Awkarin, dikutip dari unggahan akun Instagram @awkarin

Lanjutnya, dia mengatakan memindahkan binatang ke habitat yang bukan semestinya akan membuat masalah seperti perpindahan penyakit binatang itu ke tempat baru.

"Perpindahan binatang ke habitat yang ngnggak semestinya juga membuat perpindahan penyakit binatang itu ke tempat yang baru. Masih inget kan kasus pandemi yang diduga karena virus binatang buas masuk ke tubuh manusia? Atau akibat buruk lainnya kayak di suatu daerah yang banyak hamanya karena predatornya hilang,” sambungnya.

Perempuan berusia 25 tahun ini mengatakan perpindahan satwa liar untuk kepentingan riset sebenarnya tidak masalah. Apabila perpindahan satwa liar ke rumah, hal itu bisa menyiksa dan menganggu harimau. Menurutnya, harimau bisa menjadi stres dan tidak baik dalam perkembangbiakannya.

"Binatang yang membunuh anaknya sendiri biasanya melakukan hal itu untuk melindungi dirinya atau melindungi anaknya. Tapi susah dipahami kalo binatang bisa gagal ngurusin anaknya berkali-kali," katanya.

"Mungkinkah kejadiannya, ketika banyak manusia yang membunuh anaknya karena takut anaknya gak bisa hidup layak, harimau yang dipelihara Alshad pun juga berpikir kayak gitu?" lanjutnya.

Dari hal itu, Awkarin melihat bahwa memelihara hewan buas merupakan tindakan melawan alam. Dibagian caption-nya, Awkarin menilai Alshad Ahmad sudah lama dikenal kontroversi karena memelihara binatang buas.

"Baru aja ada berita kalau salah satu bayi harimau yang dirawat oleh Alshad Ahmad meninggal. Diketahui juga, ternyata udah ada 7 anak harimau yang meninggal dari 1 indukannya," tulisnya.

"Alshad Ahmad emang udah dari lama kena kontroversi soal memelihara satwa liar, tapi kejadian ini jadi trigger lagi buat pembahasan soal domestikasi satwa liar atau hewan buas," tambahnya.

Kekasih Jonathan Alden ini  menyertakan penjelasan tentang bagaimana manusia kerap merugikan binatang dengan sikap yang sok menjadi pemimpin.

"Hewan buas itu ada di posisi teratas di dalam rantai makanan. Kalau mereka diambil dari tempat tinggal aslinya, akan ada dampaknya terhadap tempat yang ditinggal dan tempat barunya dia," paparnya.

"Contohnya kayak pandemi yang nyusahin kita semua, di mana ada dugaan bahwa asal penyakitnya itu dari hewan buas yang masuk ke tubuh manusia," tambahnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka menghujat Awkarin karena dianggap kurang literasi, termasuk Eddi Brokoli.

"Hmmmmm saya rasa, kamu perlu menggali lebih dalam lagi," komentar Eddi dalam bahasa Inggris.

"Rumah Alshad sudah memenuhi syarat buat memelihara hewan tersebut Awkarin. Kalau meninggal itu emang ada sebabnya, cuman ya kamu harus tau dulu gimana awalnya dia bisa memelihara hewan tersebut Awkarin. Kalau meninggal itu emang ada sebabnya, cuman ya kamu harus tahu dulu gimana awalnya dia bisa memelihara hewan tersebut," tulis akun @kaa_li***

"Hadeh kalau mau komen mending riset dulu deh kaya gimana Alshad sebegitu ngerawat harimaunya. Asal komen aja mending nonton vlog Alshad dari awal pelihara harimau biar paham." kata akun @silla****

Rekomendasi