Berorientasi Ekspor, Bisnis Menggiurkan dengan Pesona Florikultura

| 02 Aug 2023 10:05
Berorientasi Ekspor, Bisnis Menggiurkan dengan Pesona Florikultura
Florikultura (Foto: Freepik/ArthurHidden)

ERA.id - Florikultura atau tanaman hias merupakan salah satu bagian dari subsektor hortikultura memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia. Keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia memberikan peluang bisnis tanaman hias baik untuk penyediaan kebutuhan dalam negeri maupun dunia yang pasarnya masih terbuka lebar.

Indonesia mempunyai potensi besar dalam ekspor tanaman hias ke mancanegara. Hampir semua tanaman hias di Indonesia punya potensi pasar di luar negeri, termasuk benua Eropa. Bahkan, permintaan ekspor lebih luas daripada segi produksi.

Liferdi Lukman selaku Direktur Buah dan Florikultura Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia menyoroti industri florikultura yang menjadi bisnis menggiurkan di Indonesia.

Pameran tanaman hias terbesar di Indonesia, Floriculture Indonesia International Expo (FLOII) kembali hadir dilaksanakan tahun ini. FLOII Expo akan dilaksanakan pada tanggal 28 September - 1 Oktober 2023 bertempat di ICE BSD City, Tangerang. 

Konferensi pers FLOII Expo 2023 (Foto: Era.id/Adelia)
Konferensi pers FLOII Expo 2023 (Foto: Era.id/Adelia)

"Indonesia memiliki sumber plasma nutfah, tanaman-tanaman tropis yang terbesar di dunia yang perlu mendapat perhatian yang besar, apalagi dengan potensi ekspor yang ada. Dengan adanya acara ini penggiat florikultura bangkit kembali dengan semangat baru," ucap Liferdi, saat ditemui di Jl. Pejaten Barat, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Selasa (1/8/2023).

"Kami berharap florikultura ini tidak hanya sekedar hobi tapi juga dapat menggerakkan perekonomian Indonesia. Untuk itu Kementerian Pertanian sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami menghimbau untuk seluruh pelaku, produsen, hobbyist, dan pebisnis di sektor florikultura mari bersama-sama bergabung dan berpartisipasi dalam acara FLOII ini," lanjutnya.

Exhibition in Indonesia, di mana pengunjung akan dapat menikmati beragam program yang melibatkan estetika landscape, gardening, dan pengembangan pada sektor tanaman lainnya. 

Acara ini juga menjadi tempat yang ideal untuk business matching dan transaksi perdagangan tanaman hias Internasional. Acara ini sebagai wadah penyampaian informasi mengenai perkembangan industri tanaman hias di Indonesia.

"Tahun ini, Pecinta Florikultura Indonesia (PFI) kembali mengadakan acara FLOII untuk  memberikan wadah komunikasi serta penyampaian informasi dengan komunitas pecinta tanaman hias di Indonesia agar bisa bersama-sama melestarikan serta melakukan pemeliharaan tanaman hias," jelas Fadjar Setyaki Pexi dari PFI. 

"Khususnya tanaman endemik Indonesia sebagai bentuk bagian dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. Harapan kami, agar tidak hanya pecinta tanaman hias saja tetapi masyarakat Indonesia turut menjaga serta melestarikan tanaman hias Indonesia," lanjutnya.

Rekomendasi