6 Jenis Karpet Rumah serta Kelebihan dan Kekurangannya

| 06 Aug 2023 16:05
6 Jenis Karpet Rumah serta Kelebihan dan Kekurangannya
Jenis karpet rumah (Freepik)

ERA.id - Karpet merupakan salah satu barang penting yang harus ada di rumah. Meski lantai rumah sudah bersih, Anda tetap memerlukan karpet untuk menambah kenyamanan hingga memperindah hunian. Ada beberapa jenis karpet rumah yang dijual di pasaran dan bisa Anda pilih.

Ada banyak manfaat saat Anda memasang karpet di rumah. Selain menunjang dekorasi rumah agar tampak lebih estetik, karpet juga bisa mencegah lantai kotor atau rusak. Kegunaan penting lainnya dari menggelar karpet di rumah adalah soal kenyamanan, baik dipakai hanya sebagai alas, untuk duduk santai, maupun sebagai tempat rebahan. 

Anda bisa menaruh karpet di ruang tamu atau ruang keluarga untuk menambah kenyaman saat menggunakan ruangan tersebut. Karpet yang banyak dijual di toko maupun online store terdiri dari beragam jenis dengan bahan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu mengenai jenis-jenis karpet rumah. 

Jenis karpet rumah (Freepik)

Jenis-Jenis Karpet Rumah

Memilih karpet rumah memang sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asal. Sebab tiap jenis karpet dibuat dengan bahan atau material yang berbeda. Hal ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan karpet saat digunakan. Berikut ini beberapa jenis karpet rumah yang perlu Anda tahu supaya bisa memilih produk yang cocok untuk kebutuhan keluarga. 

Karpet Nilon

Salah satu jenis karpet yang sering dipilih untuk melapisi lantai rumah adalah karpet nilon. Karpet yang terbuat dari nilon ini cukup digemari karena punya daya tahan kuat atau awet lama. Selain itu, bobot karpet ini juga ringan sehingga mudah ketika ingin dipindah-pindahkan. 

Alasan lain mengapa karpet ini banyak dibeli yakni karena harganya yang cenderung murah. Produk karpet bahan nilon ini juga dijual dalam berbagai warna dan motif sehingga Anda bisa memilih sesuai selera. 

Karpet Polypropylene

Jenis karpet yang jadi favorit para keluarga adalah karpet polypropylene. Karpet ini terbuat dari material serat sintetis. Meski dari bahan sintetis, karpet ini tetap menawarkan kenyamanan saat digunakan dan mudah dibersihkan. 

Karpet polypropylene dijual dengan harga yang cukup murah sehingga banyak dipilih untuk mengisi rumah. Namun ada kekurangan dari karpet ini yakni warnanya mudah pudar seiring waktu. 

Karpet Katun

Karpet katun merupakan jenis karpet rumah yang sudah digunakan sejak dulu. Banyak orang suka membeli karpet ini karena tersedia dalam berbagai motif dan ukuran. Selain itu, harga jual karpet ini juga sangat terjangkau. Namun karpet ini memiliki kekurangan pada kualitas bahannya yang tidak tahan lama.

Karpet Kulit

Karpet kulit merupakan jenis karpet rumah yang harganya relatif lebih mahal. Karpet ini dibuat dari kulit hewan yang sudah dibersihkan dan melalui proses pengeringan. Karpet ini jadi jenis karpet yang favorit dipilih karena bahannya yang kuat dan tahan lama. Supaya bisa lebih awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya jaga karpet ini tetap kering dan tidak kena air. 

Karpet Vinyl

Jenis karpet rumah yang juga mudah ditemukan di toko online maupun offline adalah karpet vinyl. Karpet ini memiliki bahan yang lentur sehingga nyaman saat dipijak. Biasanya karpet ini dipasang menutupi seluruh permukaan lantai. Banyak orang suka dengan karpet vinyl karena karpet ini dijual dalam berbagai, mulai dari motif kayu, garis-garis, abstrak, batu alam, dan motif unik lainnya. 

Karpet Wol

Jika Anda mencari karpet yang teksturnya halus, maka karpet wol bisa jadi pilihan. Material wol memang terkenal dengan permukaannya yang halus. Selain itu, karpet ini juga menawarkan kelebihan lainnya berupa tahan dari noda dan awet dipakai dalam waktu lama. Jadi karpet wol dijamin akan memberikan rasa nyaman saat digunakan. 

Demikianlah beberapa jenis karpet rumah yang perlu Anda tahu jika ingin membeli karpet. Pastikan Anda membeli karpet yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya pilih karpet yang terbuat dari bahan yang nyaman dan awet digunakan untuk waktu lama.  

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi