Memahami Apa Itu Random Acts of Kindness dan Contohnya

| 19 Aug 2023 18:05
Memahami Apa Itu Random Acts of Kindness dan Contohnya
Ilustrasi menolong orang tua turun dari mobil (pexels)

ERA.id - Sebagian orang merasa asing atau bingung dengan apa itu random acts of kindness. Secara harfiah, makna dari ungkapan tersebut adalah ‘tindakan kebaikan secara acak’.

Maksudnya, kebaikan diberikan tanpa pandang bulu, tanpa harus memperhatikan faktor-faktor lain. Dengan kata lain, melakukan kebaikan kepada siapa pun, bahkan orang yang tak dikenal, tanpa tendensi apa pun.

Berbagai Bentuk Random Acts of Kindness

Random acts of kindness sebenarnya adalah hal simpel dan dasar dari perilaku baik. Bukankah sejak kecil kita diajarkan untuk berperilaku baik dan menolong orang lain tanpa pandang bulu? Ya, itulah intinya.

Terkadang, kita mau melakukan kebaikan atau menolong orang karena tahu latar belakang orang tersebut. Contohnya adalah kita membelikan makanan kepada teman karena tahu dia sedang tidak punya uang dan memang bukan orang yang banyak uang.

Membersihkan sampah dari halaman tetangga (pexels)

Contoh yang lain, kita mengantarkan seseorang ke puskesmas saat sakit karena orang tersebut adalah teman kita dan meminta bantuan kepada kita. Dalam beberapa contoh tersebut, kita melakukan kebaikan karena tahu latar belakang dan alasan dari orang tersebut secara jelas.

Sementara, kebaikan tidak perlu menunggu hal-hal tersebut. Kebaikan bisa dilakukan kepada banyak orang, bahkan kepada orang yang tak kita kenal dan tanpa tahu alasannya.

Bisa jadi, orang lain sedang butuh bantuan tetapi enggan mengungkapkannya. Atau, orang tersebut sedang dalam kondisi yang tidak baik, kemudian kebaikan kita bisa membuatnya menjadi lebih baik.

Kebaikan tidak harus berupa hal-hal besar. Kebaikan bisa dilakukan kepada siapa pun, kapan pun, dalam bentuk apa pun. Untuk lebih memahaminya, berikut ini beberapa contoh dari Era.id mengenai random acts of kindness.

Contoh Random Acts of Kindness

·         Tersenyum ramah

Tersenyum ramah kepada orang lain adalah kebaikan yang sangat simpel dan mudah dilakukan. Orang yang mendapatkan senyum ramah dari kita bisa mendapatkan energi positif dan perasaan bahagia. Bagi orang yang sedang terlilit utang, hal tersebut memang tidak membuat utangnya lunas, tetapi mungkin meringankan beban pikirannya.

·         Memberikan makanan dengan cuma-cuma

Kita tak hanya bisa memberikan makanan kepada orang yang sedang kelaparan dan tak memiliki uang. Jika teman kantor Anda tampak belum makan siang, Anda bisa menawarkannya untuk membelikannya makanan dengan alasan yang tidak menyinggung perasaannya, misalnya ada promo.

Orang tersebut mungkin bisa membelinya sendiri, tetapi jika dia menerima tawaran dari kita, uang yang mau dia belanjakan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang tak perlu kita tahu.

·         Membelikan orang tua pakaian

Terkadang, orang tua memilih menggunakan uangnya untuk keperluan keluarga yang lebih penting. Kadang orang tua jadi tak pernah terpikir untuk membeli pakaian baru meski sebenarnya baju lama mereka sudah butut dan kurang layak untuk pergi ke kondangan atau sekadar bertamu ke kerabat. Jika Anda membelikan mereka baju, hal tersebut akan membuat mereka bahagia.

·         Menawarkan mendorong sepeda motor di jalan

Terkadang, kita bertemu pengendara sepeda motor yang tampak mendorong sepeda motornya di pinggir jalan. Kita bisa bertanya kepada orang tersebut alasan dari mendorong motornya. Bisa jadi, dia kehabisan bensin dan jarak pengisian bahan bakar masih cukup jauh. Anda bisa menawarkan bantuan mendorong motor tersebut ke pengisian bahan bakar menggunakan kaki sembari mengendarai sepeda motor kita agar dia tidak kelelahan. 

Rekomendasi