Sering Kejang Apabila Kelelahan, Amanda Manopo Akui Idap Epilepsi: Kalau Diforsir Gue Tumbang

| 17 Oct 2023 15:30
Sering Kejang Apabila Kelelahan, Amanda Manopo Akui Idap Epilepsi: Kalau Diforsir Gue Tumbang
Amanda Manopo (Foto: Instagram/@amandamanopo)

ERA.id - Baru-baru ini, Amanda Manopo memberikan pernyataan yang mengejutkan publik. Artis yang kerap dikaitkan dengan Arya Saloka ini mengaku mengidap epilepsi sejak lama. Ketika kelelahan karena jadwal syuting yang padat, Amanda kerap kejang-kejang.

Penyakit epilepsi merupakan gangguan pada sistem saraf pusat akibat adanya pola aktivitas listrik di otak yang berlebihan. Gejala utama dari epilepsi yaitu kejang tanpa penyebab yang jelas pada sebagian atau seluruh tubuh. 

Kondisi ini terjadi karena gangguan pada sistem saraf pusat sehingga menyebabkan kejang bahkan kehilangan kesadaran. Pada pengidap epilepsi, kejang akan berlangsung lebih dari sekali alias berulang dalam waktu yang sama atau berbeda.

Kepada Kemal Palevi, pemain sinetron Ikatan Cinta ini mulai berusaha menerapkan jam syuting dan sehat supaya epilepsinya tidak kambuh. Lalu, Amanda Manopo mengatakan  waktu syuting sinetron sebelumnya sangat berantakan dan membuat otaknya jadi bermasalah.

"Itu nggak sehat untuk bagian otak, apalagi kan gue juga ada bermasalah kan di bagian otak gue juga, jadi gue nggak mau terlalu forsir," ujarnya, dikutip dari akun Instagram @lambegosiip.

Amanda Manopo (Foto: Instagram/@lambegosiip)
Amanda Manopo (Foto: Instagram/@lambegosiip)

Mantan kekasih Billy Syahputra ini mengaku mengidap epilepsi sejak lama. Penyakit epilepsinya bisa kambuh jika Amanda terlalu memforsir tenaga.

"Gue epilepsi, gue ada epilepsi jadi kalau ada gue udah capek banget, diforsir itu gue tumbang," bebernya.

Lalu, perempuan berusia 23 tahun ini mengungkapkan reaksi dirasakan jika sedang tidur. Ketika tubuhnya sangat lelah karena sibuk syuting, Amanda mengaku sering mengalami kejang saat tidur.

"Kepada sesuatu yang ke trigger aja sih. Misalkan capek otak kalau terlalu banyak mikir itu nggak nyaman, jadi aku berasa tidur kayak kejang," katanya.

Apabila epilepsinya kambuh, Amanda Manopo tetap profesional saat bekerja dan syuting. Saking lelahnya, Amanda mengaku beberapa kali pingsan saat di lokasi syuting.

"Kalo di lokasi sempet kaya cuma, lagi dialog, tiba-tiba langsung lewat aja,

Amanda Manopo punya cara tersendiri untuk mengatasi penyakit epilepsinya supaya tak kambuh saat berada dilokasi syuting. Ia mengontrol otaknya supaya lebih baik dan berusaha agar tidak kelelahan.

"Karena aku udah dewasa,  aku juga coba buat kontrol dan akhirnya ya sudah biasa saja," imbuhnya. 

Jika sewaktu-waktu penyakitnya kambuh, Amanda mengaku istirahat dulu. Jika ia sudah mulai mengontrol otaknya supaya membaik, Amanda baru melanjutkan syuting.

"(Kalau kambuh) istirahat aja dulu. aku juga sudah kontrol otak itu semua tergantung diri pikiran kan. Misalkan, gini kita punya pikiran negatif terus, jadi sakit. Terus kita mikirin nggak bakal sembuh ya nggak bakalan sembuh. Jadi tergantung mindset," lanjutnya. 

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka kaget karena baru mengetahui Amanda Manopo mengidap epilepsi.

"Itulah yang dinamakan jangan iri melihat kehidupan orang. Siapa yang sangka secantik, setenar, sehebat itu prestasinya, ternyata pengidap penyakit epilepsi. Dibalik kesempurnaan hidupnya Allah kasih cobaan atas kekurangan penyakitnya. Semoga lekas sembuh Andin. Epilepsi rawan capek dan stress. So jangan berpikir hal-hal yang bisa memicu otak jadi capek," komentar akun @cie***_**

"Hebat ya dia berani speak up bicara apa adanya. Padahal diluar sana masih banyak yang berpikir kalau epilepsi itu aib," komentar akun @rtn****

"MasyaAllah epilepsinya nggak harus minum obatkah itu. Emang sudah pasti epilepsi?" tanya akun @arsyilaa****

Tags : Amanda Manopo
Rekomendasi