Demi Peran Dasiyah di Gadis Kretek, Dian Sastro Jadi Anti Sosial hingga 6 Bulan

| 02 Nov 2023 11:56
Demi Peran Dasiyah di Gadis Kretek, Dian Sastro Jadi Anti Sosial hingga 6 Bulan
Dian Sastro (Instagram/therealdisastr)

ERA.id - Dian Sastro berbagi cerita mengenai proses pendalaman karakternya untuk peran Dasiyah di series Gadis Kretek. Dian mengaku mengalami banyak tantangan demi peran tersebut, karena sangat jauh berbeda dengan dirinya sendiri.

"Untuk peran Dasiyah aku dapat banyak arahan dari sutradara saya, ibu Kamila Andini. Tapi rancangan Dasiyah yang dia buat ternyata jauh sekali dengan karakter saya. Baru kali ini saya mendapatkan peran yang jauh banget dari pribadi saya," ungkap Dian Sastro saat konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (1/11/2023).

Aktris berusia 41 tahun itu mengaku harus berhenti dengan teman-temannya dan membatasi kegiatannya demi mendalami peran Dasiyah. Hal ini dilakukan demi ia mahir melakukan gerak-gerik perempuan di tahun 1960an, yang menjadi latar waktu series tersebut.

"Saya berhenti bertemu teman-tteman saya selama enam bulan. Berhenti bersosialisasi, berhenti berolahraga lari, tenis, karena saya ingin melatih badan saya dengan gerak-geriknya kayak orang di jaman itu (tahun 1960an), yang nggak terlalu banyak aktivitas," jelasnya.

Tak hanya itu, Dian Sastro juga berhenti untuk mendengarkan musik-musik kekinian dan hanya mendengarkan musik gamelan. Ia mengaku menjadi seorang yang anti sosial selama enam bulan.

"Saya berhenti dengarin musik modern. Saya dengarin musik gamelan saja beberapa bulan. Saya anti sosial banget deh untuk masuk ke karakter ini," tambahnya.

Perubahan hidup yang dilakukan Dian Sastro demi karakter tersebut ternyata awalnya sempat membuatnya merasa depresi. Ini karena ia harus melakukan sesuatu yang berbeda dengan yang biasa ia lakukan dan menjadi orang yang sangat berbeda.

"Jadinya itu sih untuk masuk (ke karakter) depresi banget karena aku kan orang yang senang banget hangout sama teman-teman, pergi jalan-jala. Jadi ini sesuatu yang jauh banget dari diri aku," pungkas Dian Sastro.

Sementara itu, series Gadis Kretek mengangkat kisah industri kretek yang sudah berkembang di Indonesia sejak era penjajahan Jepang. Series yang dikemas apik dengan bumbu romansa ini akan tayang pada 2 November 2023 di Netflix.

Rekomendasi