Bukan di Rumah Sakit, Adik Ceritakan Kronologi Kiki Fatmala Meninggal Dunia di Rumah: Dia Bilang Kurang Sehat

| 01 Dec 2023 19:31
Bukan di Rumah Sakit, Adik Ceritakan Kronologi Kiki Fatmala Meninggal Dunia di Rumah: Dia Bilang Kurang Sehat
Kiki Fatmala (Foto: Instagram/@qq_fatmala)

ERA.id - Kepergian artis senior Kiki Fatmala menyisakan duka dalam bagi keluarga. Bukan di rumah sakit, adik Kiki Fatmala, Maruef Ashary menceritakan kronologi sang kakak meninggal dunia saat di rumah. Selain itu, Maruef juga menceritakan sosok Kiki Fatmala yang menurutnya baik hati. 

Sembari menangis, Maruef Ashary membenarkan bintang film Si Manis Jembatan Ancol ini meninggal akibat penyakit kanker paru-paru stadium 4 yang didiagnosa sejak 2021. Di detik-detik kepergiannya, Kiki Fatmala tidak menyusahkan keluarga dan orang-orang terdekatnya. 

"Tidak menyusahkan alhamdulillahnya, dan tidak merepotkan banyak orang, tidak merepotkan keluarga. Dia pergi begitu saja," ujar Maruef, dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi.

Kiki Fatmala mengembuskan napas terakhirnya pada pukul 01.00 WIB dini hari di kediamannya di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Maruef mengatakan Kili Fatmala dimakamkan di San Diego Hills Memorial Park, Karawang, Jawa Barat pada Sabtu, 2 Desember 2023.

"Nggak dirawat (di rumah sakit) sih, meninggal di rumah jam 01.00 WIB. InsyaAllah besok (sabtu) dimakamkan di San Diego," imbuhnya.

Selain itu, sang adik mengatakan Kiki Fatmala merupakan sosok kakak yang baik dan tidak pernah menyusahkan semasa hidupnya. Selain itu, ia menilai Kiki Fatmala sebagai wonder women karena berjuang melawan penyakit kanker.

"Dia sosok kakak yang baik, tidak pernah merugikan atau menjahatkan nggak pernah. Wonder women yang kuat, kokoh, dia kakak yang baik," bebernya.

Ia menyebut Kiki Fatmala sudah sembuh dari kanker sebelum akhirnya berpulang. Apalagi, Kiki Fatmala juga rutin melakukan pengobatan di rumah sakit. Kini, keluarga hanya bisa pasrah dan menerima kepergian Kiki Fatmala untuk selama-lamanya.

"Dia bilang kurang sehat aja.  Tapi dia super kuat banget, rutin (pengobatan)," imbuhnya.

"Memang pernah sudah pernah dinyatakan sembuh, tapi semua kembali ke Tuhan. Tuhan yang punya kuasa, Tuhan punya kehendak kita cuma bisa pasrah dan ikhlas," paparnya.

Pihak keluarga menyampaikan permintaan maaf apabila Kiki Fatmala melakukan tindakan yang salah semasa hidupnya, baik disengaja maupun tidak.

"Jadi teman-teman didoakan dan maaf jika ada kesalahan. Saya atas nama keluarga mohon maaf lahir batin dimaafkan sebesar-besarnya. Saya atas nama keluarga meminta maaf yang sangat dalam sekali kepada teman-teman, seluruh rakyat Indonesia, apabila tidak suka dengan kakak saya, mohon maaf yang sangat sedalam-dalamnya." lanjutnya. 

Diketahui, Kiki Fatmala meninggal dunia akibat komplikasi kanker pada Jumat (1/12/2023). Kabar duka itu diumumkan oleh pihak keluarga melalui akun Instagram pribadinya. 

Kiki Fatmala didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 sejak 19 November 2021 lalu. Kiki membagikan proses pengobatan termasuk kemoterapi yang ia jalani sejak pertama kali dinyatakan menderita kanker.

Rekomendasi