Dituding Sombong hingga Kuasai Akun Nihongo Mantappu, Jerome Polin: Fitnah Kok Gini Banget?

| 05 Jan 2024 15:00
Dituding Sombong hingga Kuasai Akun Nihongo Mantappu, Jerome Polin: Fitnah Kok Gini Banget?
Jerome Polin (Foto: Instagram/@jeromepolin)

ERA.id - Jerome Polin buka suara usai dituduh sombong hingga menguasai akun YouTube Nihongo Mantappu. Dia menekankan tuduhan itu fitnah yang tidak berdasar.

Jerome Polin kesal lantaran merasa difitnah hingga menantang balik netizen yang menuduhnya mengklaim paksa Nihongo Mantappu bekerja sendiri dan menguasai akun tersebut.

Tuduhan ini bermula saat netizen menanggapi kabar Zenius dinyatakan tutup usai 20 tahun beroperasi di Indonesia. Banyak netizen menyerang Jerome Polin sebagai brand ambassador Zenius. Mereka melihat kegagalan Jerome Polin sebagai brand ambassador.

Namun, ada pun cuitan dari akun Twitter @als8nnic yang menjadi sorotan publik. Akun itu menuliskan cuitan bahwa pria berusia 25 tahun ini memiliki sikap berbeda, baik di depan dan belakang kamera. Akun itu menyebut Jerome Polin sifat aslinya sombong kepada para penggemarnya.

"Kocaknya ni orang di RL tidak sefriendly dan semenarik di kamera. Sering tuh orang Indo yang ketemu dia, pada nyapa dan minta foto sama dia gak ditanggepin dan dicuekin xixixi. Kelewat somboh orang aneh, dulu pas futsal gua selengkat dengan sengaja xixixi," tulisnya.

Tak hanya itu, akun tersebut juga membahas soal kanal YouTube Nihongo Mantappu milik Jerome Polin yang didirikan bersama temannya asal Indonesia. Netizen itu menuduh Jerome Polin telah menguasai akun YouTube Nihongo Mantappu untuk kepentingan diri sendiri.

"Perihal channel YT Nihongo Mantappu juga dia klaim paksa secara personal tanpa izin ke-3 teman gue (3 member ori sebelum dimasukkan si 3 Jepang. Sampai sekarang pun gak ada minta maaf ke temen-temen gue, kocak)," cuitnya.

Nyinyiran netizen itu mendapatkan respon dari Jerome Polin. Ia membenarkan bahwa sudah mendirikan kanal YouTube Nihongo Mantappu bersama seorang temannya asli orang Indonesia bernama Kevin. Bahkan, ia menyertakan link video bersama Kevin.

"Halo. Kalau anda benci saya, tidak masalah anda mau bilang apapun. Masalahnya di sini anda melakukan fitnah," cuit Jerome Polin.

"Channel Nihongo Mantappu saya buat 22 Desember 2017 bersama 1 teman saya orang Indonesia, namanya Kevin. Tapi kami berpisah baik-baik tanggal 8 agustus 2018 dan sepakat saya melanjutkan channel ini sendiri, dan semua juga udah dijelaskan di video ini," lanjutnya.

Dalam video itu, Kevin mengaku mundur dari kanal YouTube Nihongo Mantappu lantaran sibuk kuliah. Kevin juga menyerahkan akun YouTube itu kepada Jerome Polin. 

Setelah Kevin mengundurkan diri, Jerome mengajak tiga temannya asal Jepang, yakni Tomohiro Yamashita, Yusuke Sakazaki, dan Ryoma Otsuka yang disebut Waseda Boys untuk bergabung.

Pemilik akun itu juga mengatakan peristiwa itu terjadi pada 2016. Cuitan netizen itu membuat Jerome Polin menemukan kejanggalan. Sebab, akun YouTube Nihongo Mantappu dibuat pada tahun 2017 silam.

"Astaga. Channel Nihongo Mantappu aja baru dibuat 2017. Sebelum itu mana ada yang minta foto sama aku. Fitnah kok gini banget," ucap Jerome Polin.

Tak sampai situ saja, Jerome Polin mempertanyakan kesalahan dirinya dengan netizen tersebut. Ia juga meluruskan pernyataan dari @als8nnic bahwa Nihongo Mantappu hanya didirikan dengan Kevin.

"Saya tidak dididik untuk jadi pengecut. Saya mau tahu, sebenci apa Anda ke saya sampai Anda memfitnah dan menyebarkan berita bohong sejahat ini?" tulis Jerome Polin.

"Sekali lagi Nihongo Mantappu didirikan oleh saya dan Kevin berdua, lalu anda bilang channel ini didirikan oleh 3 orang teman anda, 3 orang ini siapa yang anda maksud," lanjutnya.

Selain itu, YouTuber asal Surabaya ini juga menantang netizen untuk bertemu. Terlebih lagi, netizen itu menyebut pernah selengkat kaki Jerome Polin dengan sengaja saat bermain futsal. 

"Ih galak banget mau disleding langsung di leher, ngeri abang ini. Bang bisa kasih tahu nggak, kapan dan dimana kita futsal bareng," kata Jerome Polin.

"Kalau nggak bisa kasih tahu kapan dan dimana kita pernah futsal bareng. Gimana kalau kita futsal bareng?" lanjutnya.

Diketahui, kanal YouTube Nihongo Mantappu aktif digunakan Jerome Polin saat masih berkuliah di Waseda University, Jepang hingga berhasil mencapai 10,3 juta subscribers.

Mengusung konten-konten edukasi yang dikemas dengan cara yang menyenangkan, Nihongo Mantappu yang berarti Jepang Mantap ini banyak digemari netizen Indonesia. 

Jerome Polin membentuk sebuah grup bernama Wasedaboys yang beranggotakan 4 orang termasuk dirinya bersama Tomo, Yusuke, dan Otsuka, karena kerap menghabiskan waktu di kampus Waseda bersama ketiga sahabatnya.

Rekomendasi