Gunakan Lambang Klan Uzumaki di Jaket Saat Debat Cawapres, Fans Naruto Desak Gibran Rakabuming Soal Lisensi

| 22 Jan 2024 21:40
Gunakan Lambang Klan Uzumaki di Jaket Saat Debat Cawapres, Fans Naruto Desak Gibran Rakabuming Soal Lisensi
Gibran Rakabuming pakai jaket lambang Klan Uzumaki Naruto (X/gerimisalju)

ERA.id - Gaya berpakaian calon wakil presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka mencuri perhatian saat Debat Cawapres, yang digelar pada Minggu (21/1/2024). Ia mengenakan pin jolly rogers One Piece, dan lambang Klan Uzumaki di anime Naruto pada jaketnya.

Tak hanya itu, jaket yang digunakan oleh Gibran juga disebut mirip dengan jaket yang digunakan oleh karakter Uzumaki Naruto. Namun, warna jingga dan hitam yang jadi ciri khas Naruto diubah menjadi perpaduan putih dan biru.

Penggunaan lambang Klan Uzumaki di jaket Gibran ini sontak menuai perhatian penggemar anime Naruto. Meski ada yang tidak mempermasalahkan, ada juga penggemar yang merasa penggunaan lambang Klan Uzumaki tidak tepat.

Hal ini berkaitan dengan lisensi penggunaan lambang tersebut. Penggemar menanyakan apakah penggunaan lambang tersebut di jaket Gibran sudah mendapatkan izin dari kreatornya.

"Salam, @NARUTO_info_en, @NARUTO_kousiki, dan @SHUEISHA_PR. Naruto terus menerus digunakan oleh calon presiden di Indonesia. Sebagai karya berlisensi, apakah hal semacam ini diperbolehkan untuk kampanye politik di kehidupan nyata? Atau harap beritahu kami apakah mereka membeli lisensi atau tidak," kata akun X, @gerimisalju, dilansir Senin (22/1/2024).

Pemilik akun tersebut sebagai penggemar mengaku prihatin dengan penggunaan hal berkaitan dengan Naruto pada kegiatan politik. Terlebih jika tidak ada izin sebelumnya dari kreator asli.

"Sebagai penggemar Naruto, saya sangat prihatin dengan hal semacam ini. Saya harap Naruto tidak disalahgunakan atau dimanfaatkan tanpa masukan apa pun terhadap mangaka, Masashi Kishimoto-sensei, dan pemberi lisensi. Terima kasih banyak," tambahnya.

Cuitan akun tersebut pun mendapat komentar dari penggemar Naruto lainnya yang mempertanyakan hal sama. Tak sedikit dari netizen yang miris dengan gaya berkampanye Gibran, yang sebelumnya juga dituntut oleh penggemar K-Pop.

"Kemaren dituntut oleh kpopers sekarang dituntut oleh fans naruto. Belom aja menang udah banyak kena tuntut," komentar @myoongiwa***.

"Lu mau cosplay kek mau nge wibu kek itu mah bebas. Tapi atribut begini jangan dipake pas debat official yang diadakan negara dong," ujar @liliisflo***.

"Paslon 2 ini tuh emang ga peduli dan meremehkan copyright ya," kata @irajul***.

Meski sudah menjadi perhatian, Gibran Rakabuming Raka dan Prabowo Subiantor serta timnya belum ada yang buka suara terkait protes penggunaan atribut anime Naruto tersebut.

Rekomendasi