Gibran Tanya Pakai Singkatan dan Istilah, Muhaimin: Diskusi Ada Etikanya

| 21 Jan 2024 21:55
Gibran Tanya Pakai Singkatan dan Istilah, Muhaimin: Diskusi Ada Etikanya
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. (YouTube KPU RI)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengingatkan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka soal etika debat dan diskusi dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (22/1/2024).

Pada sesi ketiga debat tersebut, Gibran bertanya kepada Muhaimin soal sikapnya terhadap LFP atau lithium ferrophosphate yang sering digaungkan tim sukses pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Gibran awalnya enggan menjelaskan lebih rinci maksud dari LFP kecuali lawan debatnya tidak paham istilah tersebut.

"Tenang Pak Gibran, semua ada etikanya, termasuk kita diskusi di sini bukan tebak-tebakan definisi, tebak-tebakan singkatan, kita levelnya adalah policy dan kebijakan," ucap Muhaimin mengawali jawabannya.

"Prinsipnya sederhana, semua kembali kepada etika Pak Gibran. Sekali lagi etika," lanjutnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu lalu menjelaskan bahwa dalam pengambilan kebijakan dan keputusan, pemerintah harus mempertimbangkan etika lingkungan. 

"Apa pun yang menjadi kebijakan kita, menyangkut produksi, pengambilan tambang, sumber daya alam, juga apa pun yang kita gunakan seluruh potensi bangsa ini, rujukannya adalah etika lingkungan. Intinya adalah keseimbangan antara meletakkan manusia dan alam. Keseimbangan ini tidak bisa ditawar-tawar," tegas Muhaimin.

Dalam debat kali ini, moderator menjelaskan tiap calon agar tidak menggunakan singkatan atau istilah tanpa menjelaskan maksudnya. Namun, beberapa kali Gibran tetap bertanya menggunakan singkatan dan istilah khusus kepada lawan-lawannya.

Misalnya, ia bertanya kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD soal strateginya mengatasi green inflation atau inflasi hijau. 

Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 membahas tema seputar energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat. 

Rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 terakhir akan berlangsung pada 4 Februari untuk capres dan mengusung tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia (SDM), dan inklusi.

​​​​​Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Rekomendasi