Perhatikan 3 Bagian Rumah Ini untuk Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Bisa Bawa Keberuntungan!

| 08 Feb 2024 08:30
Perhatikan 3 Bagian Rumah Ini untuk Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Bisa Bawa Keberuntungan!
Dekor rumah untuk Tahun Baru Imlek 2024 (Pexel/Rdne)

ERA.id - Tak terasa sebentar lagi masyarakat keturunan Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2024 yang jatuh pada 10 Februari mendatang. Tahun 2024 ini disebut sebagai tahun Naga Kayu, yang diharapkan tahun kebangkitan, kekuatan, hingga kemakmuran.

Dalam menyambut tahun baru tersebut, ternyata terdapat beberapa hal di rumah yang harus diperhatikan untuk membawa keberuntungan menurut Feng shui. Bagian rumah yang harus diperhatikan tersebut apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pintu depan rumah

Menurut ahli Feng shui, Lely Vy, bagian pertama rumah yang harus diperhatikan adalah pintu depan. Ini karena pintu depan yang akan menyambut energi untuk masuk ke dalam rumah. 

“Yang perlu kita rapikan pertama adalah pintu depan rumah. Kenapa pintu depan? Karena pintu depan itu menyambut energi, energi yang masuk ke rumah kita,” kata Lely Vy pada acara Kejar Hoki 2024 Bareng MR.DIY, di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada Rabu (7/2/2024).

Menurut Lely, jika pintu depan berantakan dan bau, maka energi yang mengalir akan negatif. Tak hanya itu, pintu depan juga harus diberikan ornamen merah yang sudah identik dengan budaya Tionghoa.

“Apalagi pintu depan kita berantakan, bau, maka terjadi perubahan energi dari positif menjadi negatif. Memasuki Imlek juga nuansa merah menjadi tradisi di kita ya, karena dipercaya mendatangkan hoki,” tuturnya. 

2. Ruang makan

Bagian rumah yang juga diperhatikan adalah ruang makan. Ruangan ini harus diperhatikan karena menjadi tempat berkumpulnya keluarga dan menikmati waktu bersama.

“Kita harus memperhatikan juga daerah ruang makan. Karena ruang makan merupakan ruang berkumpulnya keluarga, ruang di mana kita menikmati hasil jerih payah dan keberuntungan,” kata Lely Vy.

Lely Vy menyampaikan bahwa ruang makan untuk tahun Naga Kayu ini baiknya dihias dengan nuansa warna emas. Ini menyesuaikan dengan naga yang sering diwakili lewat warna emas.

“Ruang makan utamakan menghias dengan unsur gold. Karena shio naga unsur kebesaran yang bisa diwakili sama warna gold,” katanya. 

3. Ruang Barat Daya 

Bagian rumah terakhir yang harus diperhatikan adalah ruangan yang berada di arah Barat Daya rumah. Menurut Lely Vy, ruangan di Barat Daya biasanya menjadi wilayah utama untuk seorang ibu, yang menjadi bagian penting di keluarga.

“Salah satu ruangan yang kita perhatikan yang berada di Barat Daya. Karena itu merupakan lokasi sektor ibu dalam rumah. Oleh sebab itu, daerah Barat Daya kita bisa kasih objek warna merah, sepertu ornamen Imlek, bisa lampu, dan jam,” jelasnya. 

Tak hanya itu, ruangan di Barat Daya juga mewakili angka 9 yang menjadi simbol keberuntungan tahun ini. Ornamen ruangan tersebut juga harus diberikan nuansa merah, lampu yang terang, hingga jam yang ternyata memiliki arti masing-masing.

“Tahun ini angka 9 jatuhnya di Barat Daya, yang mana angka 9 mewakili keberuntungan, sedangkan jam itu merupakan time is money. Makanya ketika dia bergerak itu akan mendapatkan keberuntungan bagi penghuni rumah tersebut,” pungkas Lely Vy. 

Rekomendasi