Tips Memilih Makanan Pendamping Kopi yang Nikmat di Lidah

| 22 Feb 2024 21:50
Tips Memilih Makanan Pendamping Kopi yang Nikmat di Lidah
Makanan yang cocok untuk minum kopi (Pexel/Viktoria Alipatova)

ERA.id - Saat minum kopi, rasanya kurang lengkap jika tidak menikmatinya dengan makanan pendamping.

Namun, ketika memilih makanan yang cocok dengan minuman kopi, rupanya ada beberapa jenis yang membuat cita rasa kopi menjadi lebih sedap di lidah.

 "(Snack ngopi) itu namanya coffee pairing. Kalau coffee pairing itu kita bikinnya harus balance," kata Research & Development Manager of ISAMAYA Group (Certified Q Grader), Sendy Djaja di acara Workshop Ngopi Lucu: Cold Cream Sensation Djournal Coffee, di Pacific Place, Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Kara Sendy, makanan pendamping kopi idealnya yang memiliki efek penyeimbang cita rasa. Misalnya, jika minuman kopi yang kita pesan sudah memiliki rasa manis, maka camilan yang tepat tidak disarankan yang memiliki rasa manis juga.

Dia pun mencontohkan ketika minum kopi yang pahit, salah satu jenis camilan yang cocok untuk dinikmati adalah camilan yang berbasis keju. cocok dipadukan dengan makanan berbasis keju.

Cita rasa keju yang gurih itu ketika dinikmati sebagai coffee pairing, maka efek di lidah bakal menyeimbangkan rasa pahit kopi. 

"Kalau minumnya sudah manis, makannya yang menyeimbangkan. Bisa coba dengan makanan kita triple chesee ya, itu enak banget," tuturnya.

Kemudian jika minuman kopi yang kita nikmati didominasi rasa pahit, maka coffee pairing yang tepat adalah kue-kue manis atau cake.

Lanjut Sendy, memilih makanan pendamping minuman kopi memang perlu diperhatikan dengan cermat, agar selepas menikmati kopi dan camilan, tidak ada efek yang membuat perut menjadi mual atau eneg.

"Kalau minumnya tidak terlalu manis (kopi pahit), itu bisa dengan cake. Misalbya klepon cake, itu enak banget. (Ada sensasi) kelapa, pandan, brown sugar, jadi enak banget," pungkas Sendy Djaja.

Rekomendasi