Situs Tes MBTI Gratis yang Bisa Diakses dengan Mudah

| 28 Feb 2024 11:02
Situs Tes MBTI Gratis yang Bisa Diakses dengan Mudah
Ilustrasi tes MBTI gratis (Freepik/Senivpetro)

ERA.id - Tes kepribadian atau MBTI merupakan salah satu cara untuk memahami kepribadian seseorang. Beberapa instansi bahkan kerap memanfaatkan test ini sebagai salah satu syarat atau kriteria untuk posisi yang disediakan dalam sebuah instansi. Pada dasarnya, tes MBTI atau The Myers Briggs Type Indicator menjadi metode pengukuran yang difungsikan untuk menganalisis kepribadian seseorang, khususnya dalam menilai sesuatu dan menentukan keputusan. Melansir dari beberapa sumber, dalam artikel ini akan kita bahas situs tes MBTI gratis.

Akurasi Tes Kepribadian atau MBTI

Sejak puluhan tahun lalu sampai saat ini, ahli psikologi dunia masih terus berbeda pandangan tentang akurasi penilaian MBTI ini. Namun, sebagian besar dari mereka saling bersepakat bahwa MBTI tetap mempunyai fungsinya tersendiri. Selain dapat dimanfaatkan untuk alat eksplorasi diri, tes MBTI juga dimanfaatkan sebagai media refleksi untuk diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.

Hal yang harus diingat adalah bahwa tes seperti ini tetap bersifat bias dan sebaiknya tidak digunakan untuk menyimpulkan sifat seseorang secara mutlak. Anda dapat menggunakan alat ini untuk saling menyambung relasi yang lebih positif dengan orang-orang yang Anda kenal.

Tips, Tes MBTI, Situs Tes MBTI

Situs Tes MBTI Gratis

Untuk melihat tipe MBTI yang dimiliki seseorang, seseorang dapat mencoba mengakses berbagai situs terpercaya untuk mengukurnya. Di bawah ini adalah 3 rekomendasi situs tes MBTI, akurat dan mudah untuk Anda akses.

Situs 16personalities

Situs pertama yang dapat Anda gunakan yaitu situs 16personalities atau https://www.16personalities.com/free-personality-test. Melalui situs tersebut seseorang diharuskan untuk menjawab sebanyak kurang lebih 93 pertanyaan terkait kepribadian dan preferensi seseorang.

16personalities juga menyiapkan hasil yang cukup detail terkait dengan MBTI yang dihasilkan, mulai dari penjelasan umum  mengenai tipe MBTI yang didapat, kekurangan, kelebihan, pekerjaan yang sesuai, hingga tokoh penting atau populer yang mempunyai MBTI yang sama.

Situs Eysenck Personality Inventory

Situs kedua yaitu Eysenck Personality Inventory atau EPI, dengan situs https://iluguru.ee/test/eysencks-personality-inventory-epi-extroversionintroversion/. Dalam situs tersebut, seseorang diharuskan menjawab 57 pertanyaan yang memberikan jawaban ‘Ya’ atau ‘Tidak.’

Selanjutnya, situs yang satu ini akan mengukur dua dimensi yang menyebar dan juga independen. Dua dimensi tersebut yaitu extraversion-introversion dan neuroticism-stability. Dengan dua dimensi tersebut, EPI akan mengukur cara seseorang dalam bersikap dan berperilaku.

Situs Interpersonal Skills Self-Assessment

Situs ketiga yang bisa digunakan secara cuma-cuma yaitu situs Interpersonal Skills Self-Assessment, dalam situs https://www.skillsyouneed.com/quiz/343479/lang/en/newtest/Y

Mencakup empat kemampuan utama manusia, antara lain komunikasi verbal, mendengarkan, kecerdasan emosional, serta kerja sama dalam tim. Hasil akhir dari tes MBTI memanfaatkan Interpersonal Skills Self-Assessment yang tidak hanya menampilkan tipe MBTI yang dimiliki, tetapi juga akan memperlihatkan kemampuan interpersonal yang dimiliki dan juga kemampuan interpersonal mana yang semestinya diperbaiki oleh seseorang.

Demikianlah rekomendasi situs tes MBTI gratis. Perlu diketahui, dalam rentang waktu yang tertentu, tipe MBTI seseorang memang sering kali berubah. Karena pola pikir dan sikap seseorang bersifat dinamis. Oleh sebab itu, merupakan hal yang wajar jika hasil tes MBTI dari waktu ke waktu sering berubah.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi