Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka yang Hanya Mencakup 3 Persen Populasi

| 28 Feb 2024 07:45
Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka yang Hanya Mencakup 3 Persen Populasi
Tipe kepribadian mbti paling langka (unsplash)

ERA.id - Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang tipe kepribadian MBTI Anda? Sebenarnya terdapat  tipe kepribadian MBTI paling langka yang ditemukan. Apakah Anda salah satunya?

Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang tipe-tipe kepribadian MBTI paling langka, termasuk ciri-ciri, kekuatan, kelemahan, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan dunia.

Apa Itu Tes MBTI?

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan tes kepribadian yang populer untuk memahami preferensi dan cara Anda berperilaku. Instrumen ini diciptakan pada tahun 1940-an oleh Isabel Myers dan ibunya, Katherine Briggs, berdasarkan teori psikolog Swiss Carl Jung.

Teori Jung mengidentifikasi empat fungsi psikologis utama: berpikir (thinking), perasaan (feeling), sensasi (sensation), dan intuisi (intuition). Masing-masing fungsi ini cenderung berorientasi ke luar (ekstravert) atau berorientasi ke dalam (introvert).

MBTI, atau Myers-Briggs Type Indicator mengelompokkan orang ke dalam 16 tipe kepribadian berdasarkan empat kategori: Introversion/Extraversion, Sensing/Intuition, Thinking/Feeling, dan Judging/Perceiving.

Di antara 16 tipe, terdapat beberapa yang tergolong langka. Tipe-tipe langka ini memiliki karakteristik dan cara pandang yang unik, dan hanya ditemukan pada sebagian kecil populasi.

INFJ: Tipe Kepribadian MBTI Paling Langka

INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh MBTI dengan kombinasi Introvert (I), Intuitif (N), Feeling (F), dan Judging (J). Dijuluki "Advokat" atau "Idealis," orang dengan tipe INFJ sering merasa tidak dipahami.

Ada beberapa kemungkinan yang menjelaskan hal ini. INFJ merupakan tipe kepribadian MBTI paling langka, bahkan hanya mencakup 1% hingga 3% populasi Amerika Serikat.

Yang membuat kepribadian ini langka, mungkin juga karena mereka seperti kumpulan kontradiksi. INFJ adalah perfeksionis yang santai. Mereka logis dan emosional, kreatif dan analitis.

Pelajari Lebih Lanjut tentang Ciri-Ciri Kepribadian INFJ

INFJ sendiri terbagi menjadi dua jenis yaituINFJ-A dan INFJ-T. Orang dengan INFJ-A dikenal sebagai "Advokat Tegas" dan sering menunjukkan kepercayaan diri dengan sikap tenang.

Sementara itu, kepribadian INFJ-T dikenal sebagai "Advokat Bimbang" dan cenderung kurang percaya diri dan lebih mudah stres.

Ciri-Ciri Kepribadian INFJ (unsplash)

Karakteristik Utama INFJ

  • Penuh belas kasih: Dengan intuisi yang kuat dan pemahaman emosional yang mendalam, INFJ bisa menjadi pembicara yang lembut dan berempati. Namun, ini tidak berarti mereka mudah dimanfaatkan. INFJ memiliki keyakinan yang kuat dan kemampuan untuk bertindak tegas untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.
  • Pelayan: Meskipun pada dasarnya introvert, orang dengan tipe kepribadian INFJ dapat membentuk hubungan yang kuat dan berarti dengan orang lain. Mereka senang membantu orang lain, tetapi mereka juga membutuhkan waktu dan ruang untuk memulihkan energi.
  • Idealis: Yang membedakan INFJ adalah kemampuan mereka menerjemahkan idealisme menjadi tindakan. Mereka tidak hanya bermimpi tentang mengubah dunia, mereka mewujudkannya.
  • Terorganisir: Orang dengan tipe kepribadian INFJ suka memegang kendali dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pengambilan keputusan sedini mungkin.
  • Emosional dan logis: Saat mengambil keputusan, INFJ lebih menekankan perasaan mereka daripada fakta objektif. Namun, ini tidak berarti mereka melihat dunia dengan kacamata berwarna. INFJ memahami dunia, baik yang baik maupun yang buruk, dan berharap untuk bisa membuatnya lebih baik.

Selain tipe kepribadian mbti paling langka, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi