6 Tanda Pasangan Bisa Selingkuh Berulang Kali Menurut Psikolog

| 28 Feb 2024 17:40
6 Tanda Pasangan Bisa Selingkuh Berulang Kali Menurut Psikolog
Ilustrasi pasangan (Foto: Freepik/tirachardz)

ERA.id - Perasaan seseorang sangat hancur ketika mengetahui pasangan selingkuh. Apalagi, perselingkuhan itu terjadi berkali-kali.

Seseorang yang mempunyai riwayat selingkuh berulang kali biasanya bisa dikenali dengan sejumlah tanda-tanda pada sikapnya.

Mereka seolah tak bersalah karena sudah melakukan berkali-kali kesalahan yang sama.

Tanda seseorang bisa selingkuh berulang kali

Menurut psikolog, Dr. Edward Ratush, orang yang bisa selingkuh berkali-kali bisa dilihat dari sikapnya.  

"Perselingkuhan berulang harus dilihat sebagai bentuk komunikasi perilaku. Jendela menuju emosi yang mendasarinya, dorongan untuk menciptakan kembali trauma masa lalu, menghindari keintiman emosional, dan harga diri yang rendah," kata salah satu pendiri SohoMD sekaligus psikolog, Dr. Edward Ratush.

Berikut 6 tanda-tanda pasangan yang kemungkinan bisa menjadi peselingkuh ulung, seperti dilansir dari laman Very Well Mind.

1. Sering berbohong

Pasangan yang tidak pernah taubat dari sikap buruknya (suka selingkuh) sangat sering berbohong.

Mereka dapat berbohong dalam berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan keintiman.

"Para peselingkuh berbohong kepada pasangannya tentang prioritas keintiman, menyembunyikan fakta bahwa kebaruan seksual atau kompulsifitas seksual adalah akar dari pohon keputusan mereka," kata Dr. Edward Ratush.

2. Pernah selingkuh dan tidak ketahuan

Orang yang pernah berselingkuh dari pasangannya di masa lalu kemungkinan besar akan melakukannya lagi, apalagi perselingkuhannya itu tidak pernah terungkap.

Menurut dokter Edward, mereka yang pernah berselingkuh pada hubungan pertama, tiga kali lebih mungkin untuk melakukannya lagi pada hubungan berikutnya, dibandingkan mereka yang tidak pernah selingkuh sama sekali pada hubungan sebelumnya. 

3. Suka menyembunyikan ponsel 

Pasangan yang kerap menyembunyikan ponsel, laptop, atau tabletnya dari kamu mungkin melakukan perselingkuhan. Sebab, tanda-tanda ini ada dalam riwayat  perselingkuhan.

4. Kontrol diri yang buruk

Salah satu ciri peselingkuh yang tidak pernah bisa taubat adalah mereka yang punya kontrol diri yang buruk.

Kontrol diri yang dimaksud dapat meliputi konsistensi ucapan hingga tindakan yang tidak pernah selaras dalam keseharian. 

"Karakteristik yang terlihat pada pelaku selingkuh bisa sangat bervariasi" ujar Dr. Edward Ratus.

Ia menjelaskan bahwa perilaku ini bisa disebabkan oleh kontrol impuls yang buruk, yang berpotensi menjadi gejala dari berbagai gangguan mental.

5. Tidak pandai mengelola emosi

Mirip seperti kontrol diri, mereka yang tidak mampu mengelola emosinya juga berpotensi selingkuh berulang kali. 

"Kondisi yang mendasarinya mungkin berkisar dari kondisi kejiwaan primer, seperti gangguan bipolar atau gangguan kontrol impuls seperti ADHD atau gangguan perilaku yang disebabkan oleh zat," jelas Dr. Edward Ratush. 

"Kecanduan seksual atau masalah keterikatan mungkin juga berperan," tambahnya.

6. Menganggap selingkuh sebagai masalah kecil

Jika pasangan tampaknya tidak tertarik untuk berkomitmen denganmu, atau bahkan tidak menganggap kalah selingkuh adalah salah satu masalah yang menghancurkan hubungan, bisa jadi, dia adalah orang yang tidak punya kesadaran dan berpotensi untuk selingkuh lagi.

Rekomendasi