Mengenal Micro Cheating dan Tanda Pasangan Tidak Setia

| 20 Jul 2024 21:42
Mengenal Micro Cheating dan Tanda Pasangan Tidak Setia
Mengenal Micro Cheating dan Tanda Pasangan Tidak Setia

ERA.id - Di era media sosial yang serba digital ini, batasan perselingkuhan semakin kabur sehingga muncul istilah baru “micro cheating”. Bagi yang penasaran, mari melalui artikel ini mengenal micro cheating lebih jauh.

Micro cheating mengacu pada tindakan-tindakan kecil yang menunjukkan ketertarikan pada orang lain di luar hubungan yang sedang dijalani. Meskipun terkesan sepele, micro cheating dapat berakibat fatal bagi sebuah hubungan.

Mengenal Micro Cheating

Dilansir dari Psychology Today, micro-cheating melibatkan perilaku yang membuat seseorang meragukan komitmen emosional atau fisik pasangannya dalam hubungan.

Tindakan micro cheating dapat meliputi seseorang yang secara teratur mengirim pesan teks kepada seseorang yang mereka anggap menarik, atau memiliki hubungan online dengan seseorang yang mereka percayai (tetapi tidak pernah bertemu secara langsung).

Perilaku micro-cheating mungkin berada dalam area abu-abu yang masih dianggap etis. Oleh karena itu, hubungan ini kadang-kadang sulit untuk diidentifikasi, dihadapi, dan dibicarakan.

Apa saja contoh micro-cheating?

Micro-cheating bersifat subjektif, yaitu suatu tindakan atau perilaku dapat dianggap sebagai micro-cheating oleh satu orang tetapi dianggap sepenuhnya wajar oleh orang lain. Meskipun demikian, berikut ini beberapa contohnya:

  • Berinteraksi dengan mantan pasangan dengan cara yang membuat pasangan mereka merasa tidak nyaman.
  • Menggoda atau memicu energi seksual dengan seseorang selain pasangan mereka.
  • Tidak menjelaskan dengan jelas kepada orang lain bahwa ia berada dalam hubungan eksklusif, terutama ketika ada orang lain mendekati.
  • Membiarkan orang lain untuk mendorong hasrat seksual.
  • Berkomunikasi secara diam-diam dengan mantan pasangan.
  • Memberikan hadiah pribadi atau benda berharga atau uang kepada orang lain.
  • Mencari kenyamanan emosional dan curhat kepada seseorang selain pasangan.
  • Bermain di aplikasi kencan online.
tanda-tanda micro-cheating (freepik)

Apa saja tanda-tanda micro-cheating?

Definisi micro-cheating bersifat subjektif dan tergantung pada setiap pasangan dan harapan mereka dalam hubungan.

Meskipun demikian, mempertimbangkan beberapa tanda umum dapat membantu mengidentifikasi beberapa bentuk micro-cheating yang terjadi secara umum, berikut diantaranya:

  • Pasangan Anda secara konsisten mencoba menyembunyikan interaksi dengan orang lain.
  • Pasangan Anda berulang kali memprioritaskan orang lain di atas Anda.
  • Pasangan Anda menjadi sangat defensif ketika Anda menanyakan sesuatu tentang seseorang tertentu.
  • Pasangan Anda memiliki perubahan perilaku yang signifikan dan tidak dapat dijelaskan.

Pasangan Anda Apakah Melakukan Micro Cheating?

Salah satu tanda peringatan micro-cheating adalah Anda terus-menerus menemukan rahasia yang tampaknya tidak berbahaya tentang persahabatan pasangan.

Salah contohnya, jika Anda mengetahui bahwa pasangan Anda telah makan siang dengan rekan kerja yang menarik selama beberapa minggu dan tidak memberitahu Anda.

Jika makan siang yang dilakukan hanya sekali, Anda tidak perlu khawatir, namun jika terjadi berulang kali maka kepercayaan Anda mungkin mulai goyah.

Kemudian jika Anda memperhatikan bahwa pasangan Anda sering mengirim pesan teks, menggoda, atau menyembunyikan sesuatu dari Anda, dan mereka pernah selingkuh sebelumnya, Anda mungkin perlu mempertimbangkan kembali apakah Anda dapat mempercayai mereka.

Meskipun demikian, pasangan dapat mencegah pelanggaran kepercayaan dengan membahas dan merundingkan ketentuan hubungan mereka, baik di awal maupun saat hubungan berkembang.

Anda dapat menerapkan beberapa aturan, misalnya, apakah boleh menggoda orang lain? Mengadakan makan malam sesekali dengan mantan? Menjalin hubungan dengan seseorang di Instagram yang tidak pernah ditemui? Melakukan cybersex di luar hubungan jika mereka tidak pernah bertemu secara fisik?

Perlu diketahui, orang sering kali memulai hubungan dengan ekspektasi yang berbeda, dan mendiskusikannya bersama dapat memberikan kejelasan bagi kedua pasangan.

Selain mengenal micro cheating, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi