5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

| 01 Mar 2024 14:24
5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok
Mengatasi rambut rontok (Pexel/Element5 Digital )

ERA.id - Rambut rontok merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang, yang normalnya 50 sampai 100 helai per hari.

Jika lebih dari itu, maka orang tersebut sedang mengalami rambut rontok parah. Rambut yang rontok parah harus segera diatasi agar tidak terjadi kebotakan.

Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi rambut rontok, dilansir dari Healthline, Jumat (1/3/2024).

1. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala merupakan satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Dengan pijat kulit kepala akan meredekan penat atau stres yang dialami dan mencegah rambut rontok.

Tak hanya itu, memijat kulit kepala juga bisa meningkatkan sirkulasi hingga merangsang pertumbuhan rambut baru dengan cepat.

2. Gunakan minyak kelapa

Pada minyak kelapa terdapat asam laurat yang mampu membantu mengikat protein pada rambut. Ini bisa melindungi rambut dari kerusakan akar hingga rambut rontok dapat dicegah.

3. Hindari terlalu sering menata rambut

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan demi mencegah rambut rontok adalah hindari untuk menatanya terlalu sering. Mulai dari menggunakan alat panas untuk mengeriting atau meluruskan rambut.

Selain itu, hindari juga menata rambut dengan mengepangnya terlalu ketat. Ini dapat menarik rambut dari akarnya dan berpotensi menyebabkan rontok yang berlebih dari angka normal.

4. Cuci rambut secara teratur

Cucilah rambut secara teratur sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Jika sering beraktivitas di luar ruangan, dianjurkan cuci rambut setiap hari, dan jika tidak bisa dua kali sehari.

Mencuci rambut secara teratur dapat melindungi rambut dari kerontokan karena menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih.

5. Konsumsi protein

Mengonsumsi makanan dengan sumber protein tinggi dianjurkan untuk mengatasi rambut rontok. Ini karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin.

Makanan kaya protein yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kerontokan rambut adalah telur, kacang-kacangan, ikan, produk susu, ayam, dan lainnya.

Rekomendasi