7 Kebiasaan yang Bikin Rambut Mudah Rusak, Hindari dari Sekarang!

| 09 Mar 2024 10:30
7 Kebiasaan yang Bikin Rambut Mudah Rusak, Hindari dari Sekarang!
Ilustrasi warna rambut (Unsplash)

ERA.id - Dalam memberikan perawatan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut tentunya harus dilakukan secara cermat dan tepat.

Sebab, ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak rambut padahal tujuan sebelumnya adalah untuk mempercantik rambut. Sehingga, rambut pun terlihat kusam, mudah rontok, dan kering.

Kebiasaan yang bikin rambut mudah rusak

Supaya memiliki rambut yang sehat dan cantik, sebaiknya hindari beberapa kebiasaan di bawah ini:

1. Jarang keramas

Jika keseringan keramas dapat membuat kulit kepala Anda terasa gatal dan kering, jarang keramas justru akan menjadikan kulit kepala menjadi berminyak. Sehingga, ketombe akan bermunculan dan rambut Anda jadi lebih lengket.

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk keramas dua hari sekali atau disesuaikan dengan kondisi rambut dan aktivitas yang Anda jalankan.

2. Keramas terlalu sering

Keramas memang penting dalam menjaga kebersihan rambut. Namun, jika terlalu sering, justru kebiasaan ini bisa merusak rambut dan mengakibatkan kulit kepala gatal dan kering. Selain itu, terlalu sering keramas juga berisiko menghilangkan pelembap alami rambut.

3. Paparan suhu panas

Kegiatan mengeringkan dan menata rambut dengan pengering rambut (hair dryer) atau mencatok rambut juga dapat memicu kebotakan dini. Jika Anda tidak menginginkan rambut semakin rontok dan rapuh, sebaiknya cobalah kurangi penggunaan alat-alat tersebut.

Saat rambut sedang basah, Anda bisa menggunakan pengering rambut sebagai solusi agar rambut kering lebih cepat. Namun, daripada membahayakan rambut yang Anda punya, sebaiknya keringkan saja dengan bantuan kipas atau angin alami.

Ilustrasi kebiasaan yang dapat merusak rambut. (Unsplash)

4. Mewarnai rambut

Rambut dengan warna-warna ceria memang tengah populer dan menjadi tren sebagai cara memperindah tampilan. Kendati demikian, sebaiknya jangan terburu-buru mengikuti tren ini dulu.

Anda harus memahami rambut yang diwarnai harus melalui proses bleaching yang bertujuan untuk memudarkan warna rambut. Dalam proses ini, pigmen alami rambut Anda bisa saja menghilang dan rambut pun menjadi rusak.

Walaupun pewarnaan rambut tanpa bleaching diperkirakan tidak separah proses bleaching itu sendiri, tapi tetap saja mewarnai rambut akan merusak struktur rambut serta menjadikannya kering dan kusam. Selain itu, pewarna rambut juga akan mengakibatkan iritasi, gatal, atau kemerahan pada kulit Anda.

5. Menyisir rambut saat basah

Menyisir atau menata rambut saat basah juga diyakini dapat merusak rambut. Pada saat basah, rambut cenderung meregang. Jika disisir dan ditata, kutikula rambut jadi rusak dan rambut pun jadi rontok atau patah.

Oleh karena itu, Anda harus memberikan treatment rambut dengan lembut dan jangan dikeringkan dengan cara menggosokkannya ke handuk. Sebisa mungkin jangan langsung tidur saat rambut masih basah. Cara lainnya, gunakan sisir sesuai kondisi dan jenis rambut.

6. Jarang mengonsumsi makanan sehat

Selain berisiko membuat Anda jadi gampang sakit, Kurang mengonsumsi makanan sehat juga bisa merusak kesehatan rambut Anda. Sebab, rambut yang kekurangan beberapa nutrisi penting, di antaranya selenium, zinc, asam folat, zat besi, serta vitamin A, D, dan E, dapat rontok, kering, kusam, dan rusak dengan mudah.

Jika Anda menginginkan rambut yang sehat dan berkilau, sebaiknya konsumsi makanan sehat setiap hari, misalnya telur, daging, sayuran hijau, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan.

7. Sering berjemur

Rambut yang terpapar sinar matahari dan terjadi dalam waktu yang lama akan membuat rambut terlihat kusam, kering, bercabang, dan mudah rapuh patah. Selain itu, sinar matahari juga dapat merusak kutikula dan protein rambut atau keratin.

Jika Anda ingin berjemur, pastikan Anda sudah menggunakan masker rambut atau krim rambut yang memiliki kandungan SPF tinggi untuk menghalau bahaya sinar matahari. Selain itu, Anda juga dapat melindungi rambut Anda dengan menggunakan topi bertepi lebar atau payung.

Setelah menjalani perawatan rambut dengan benar dan menghindari kebiasaan yang dapat merusak rambut, tapi rambut Anda masih terlihat kusam, bau, atau mudah rontok, segeralah konsultasikan ke dokter untuk menerima solusi yang tepat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi