Kabar Duka, Pencipta Komik Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal Dunia di Usia 68 tahun

| 08 Mar 2024 12:10
Kabar Duka, Pencipta Komik Dragon Ball Akira Toriyama Meninggal Dunia di Usia 68 tahun
Akira Toriyama (Foto: Instagram/@akira.toriyama)

ERA.id - Akira Toriyama, kreator mangaka (kreator manga) yang terkenal Dragon Ball meninggal dunia di usia 68 tahun. Dalam keterangan resmi yang diterbitkan oleh Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo pada Jumat (8/3), Toriyama meninggal dunia pada Jumat, 1 Maret 2024.

Situs resmi Dragon Ball menyebutkan Akira Toriyama meninggal pada 1 Maret akibat pembekuan darah di otak. Upacara proses pemakaman diadakan bersama anggota keluarga dekat Akira Toriyama. 

Dalam unggahan situs tersebut, terdapat kesedihan dan penyesalan atas meninggalnya Toriyama secara mendadak. Selama ini, Akira Toriyama hidup dengan penuh semangat mengerjakan banyak proyek. Semasa hidupnya, Akura Toriyama memiliki banyak target yang ingin dicapai. 

Keterangan resmi itu juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para penggemar Akira Toriyama.

"Dia didukung oleh begitu banyak orang dari seluruh dunia yang memungkinkan dia untuk melanjutkan upaya kreatifnya selama lebih dari 45 tahun" bunyi tulisan tersebut, dilansir dari laman The Japan Times.

"Kami sangat berharap dunia karya unik Akira Toriyama akan terus dicintai semua orang hingga waktu yang lama. Terimalah rasa terima kasih kami yang terdalam atas kebaikan dan persahabatan selama hidupnya," tambahnya.

Diketahui, Toriyama memulai debutnya pada tahun 1978 dengan Wonder Island. Sejak itu, ia banyak menghasilkan karya populer seperti Dr. Slump dan Dragon Ball untuk buku komik Weekly Shonen Jump.

Secara khusus, Dragon Ball, yang mulai serialisasi pada tahun 1984, menjadi fenomena hingga internasional.

Dragon Ball telah diadaptasi menjadi film animasi dan live-action. Dragon Ball terus dicintai di seluruh dunia hingga detik ini.

Rekomendasi