Siapa yang Duluan Tenar, Son Goku atau Sun Gokong?

Tim Editor

Son Goku (Wikimedia)

ERA.id - Anak-anak 90-an pasti tahu film Kera Sakti yang tokoh utamanya bernama Sun Gokong, mereka juga pasti takkan lupa manga hingga anime Dragon Ball yang ada karakter Sun Goku di dalamnya.

Omong-omong, siapa yang mengikuti siapa sih? Apakah karakter Son Goku yang mengikuti Sun Gokong atau Gokong yang mengikuti Goku? Ternyata, faktanya, Akira Toriyama pengarang Dragonball terinspirasi dari karakter Sun Gokong (Sun Wukong) dalam The Journey to the West.

Itu artinya, Sun Gokong atau Sun Wukong dalam bahasa Cina, mengilhami karya besar Akira Toriyama. Hebatnya Akira Toriyama, Gokong jika dialihbahasakan ke bahasa Jepang, akan menjadi Son Goku.

Untuk lebih jelasnya, dari segi karakter, baik Gokong atau Goku sama-sama punya ekor (tapi ekor Goku dipotong saat masih kecil, agar tidak berubah menjadi Kera Raksasa). Mereka juga sama-sama punya awan terbang.

Go Kong/Monkeying

 

Fakta menarik ini, bisa ditarik kesimpulan, Jepang dan China memiliki budaya yang hampir sama di beberapa sisi, termasuk cerita rakyat.

Akira membuat Dragon Ball tidaklah mengikuti cerita penuh dari Kera Sakti atau Journey to the West seperti mencari kitab suci, malah Son Goku, uniknya diceritakan sebagai orang yang mengumpulkan tujuh buah bola naga bersama kawan-kawannya.

Namun seiring berjalannya waktu, fokus penceritaan tidak hanya terbatas pada usaha dan kesulitan Son Goku dalam mencari tujuh bola naga. Ia juga dihadapkan dengan musuh yang unik dan sulit, bukan siluman seperti lawan Sun Gokong.

Tag: anime yang unik

Bagikan: