Profil Putri Indonesia 2024 Harashta Haifa, Mahasiswi Teknik Lingkungan yang Gaungkan soal Food Waste

| 09 Mar 2024 14:33
Profil Putri Indonesia 2024 Harashta Haifa, Mahasiswi Teknik Lingkungan yang Gaungkan soal Food Waste
Harashta Haifa Zahra (Foto: Instagram/@harashtata)

ERA.id - Harashta Haifa Zahra dari Jawa Barat berhasil memenangkan gelar Puteri Indonesia 2024. Mahkota telah disematkan di atas kepalanya. Harshta Haifa Zahra merupakan mahasiswi teknik lingkungan dan kerap menggaungkan advokasi food waste.

Harashta Haifa maju sebagai pemenang usai mengalahkan 41 finalis dari seluruh Indonesia. Ia mengalahkan finalis asal DI Yogyakarta, Sophie Kirana di babak dua besar dalam acara Grand  Final di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (8/3/2024),

Terpilihnya Harashta Haifa lantaran jawabannya soal peran perempuan terhadap pembangunan Indonesia. Harashta mengatakan peran perempuan sangat penting dalam pembangunan ditambah dengan kerjasama dari para pria. 

Profil Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa Zahra biasa dipanggil dengan sebutan Tata lahir di Garut, 5 September 2003. Ia merupakan alumni SMA Negeri 2 Bandung. Saat ini, Tata masih menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. 

Sebelum terjun ke kontes kecantikan, Harashta juga sempat mengikuti kompetisi ajang pemilihan duta daerah Kota Bandung, Mojang Jajaka Kota Bandung tahun 2022. Saat itu, Harashta terpilih sebagai wakil II sebagai Mojang Kota Bandung 2022. 

Mahasiswi Teknik Lingkungan ini bercita-cita menjadi pembicara lingkungan hidup. Ia menemukan hasratnya mendidik orang lain soal limbah makanan. Sehingga, dirinya bisa berkontribusi terhadap keberlanjutan sumber daya pangan. 

Dilansir dari akun Instagram pribadinya, Harashta juga memiliki inisiatif advokasi bertajuk 'Mother of Nature: Food Waste Based on Bandung Darurat Sampah'. Inspirasinya datang dari kondisi darurat di Kota Bandung dengan 44,2 persen berupa sampah makanan.

Melalui Mother of Nature, Harashta menggandeng beragam pihak untuk bersama-sama mengatasi masalah sampah organik, khususnya sampah makanan. Ia aktif mengkampanyekan program Pemerintah Kota Bandung untuk menanggulangi permasalahan sampah, yaitu 'Kang Pisman' atau Kurang, Pisahkan, dan Manfaatkan. 

Ia juga tergerak melakukan perubahan sejak peristiwa kebakaran di TPA Sarimukti yang berada di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Tata juga mengungkapkan keresahannya akan limbah organik dalam video profil yang diunggah kanal YouTube Puteri Indonesia. 

Dengan kemenangan Tata di ajang kontes kecantikan tersebut, itu berarti perwakilan Jawa Barat memenangkan gelar Puteri Indonesia dua tahun berturut-turut. Sebelumnya, Farhana Nariswari terpilih menjadi Puteri Indonesia 2023 mencetak sejarah sebagai wakil Jawa Barat pertama memenangkan kontes tersebut.

Selanjutnya, Tata akan mewakili Indonesia diberbagai ajang kecantikan internasional, seperti Miss International 2024, Miss Supranational 2024, Miss Charm 2024, dan Miss Cosmo 2024. 

Rekomendasi