5 Tips Atasi Rasa Ngantuk Saat Puasa

| 12 Mar 2024 05:30
5 Tips Atasi Rasa Ngantuk Saat Puasa
Tips atasi ngantuk saat puasa Ramadan (Pexel/Ketut Subiyanto)

ERA.id -

Selain lapar dan haus, tantangan yang sering dihadapi ketika puasa Ramadan adalah rasa kantuk yang hebat. Rasa kantuk memang wajar terjadi karena tubuh kekurangan cairan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun, tenang saja, dilansir dari The Daily Star, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk saat puasa. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Atur jam tidur

Tips atasi ngantuk saat puasa Ramadan (Pexel/Acharaporn)

Selama puasa, akan terjadi perubahan pola tidur karena harus bangun sebelum subuh untuk sahur. Ini bisa menyebabkan Anda kekurangan tidur, sehingga merasa ngantuk di siang hari.

Untuk itu, mengatur jam tidur selama puasa sangatlah penting. Jika tidak ada kebutuhan mendesak, hindari tidur larut malam. Tidurlah lebih cepat, sehingga waktu tidur Anda tercukupi hingga akhirnya bangun untuk sahur.

2. Minum air dengan cukup

Minum air dengan cukup, yakni 8 gelas setiap harinya harus dilakukan selama puasa. Ini mencegah tubuh dehidrasi yang mengakibatkan kelelahan dan ngantuk, serta menjadi tidak produktif karena tubuh kekurangan cairan.

3. Lakukan peregangan tubuh

Rasa kantuk yang hebat bisa timbul karena tubuh yang kurang bergerak atau diam terlalu lama. Jika sudah merasa ngantuk di siang hari, Anda bisa mengatasi dengan melakukan peregangan tubuh sederhana untuk memperlancar aliran darah hingga mengusir rasa kantuk.

4. Tidur siang singkat

Tidur siang dengan singkat saat jam istirahat dapat membantu memulihkan tenaga, sehingga ngantuk sepanjang hari saat puasa dapat dihindari. Namun, perlu diingat tidur siang hanya selama 20-30 menit, karena jika kelebihan akan membuat tubuh lemas dan makin kelelahan.

5. Konsumsi makanan sehat

Konsumi makanan yang sehat dan gizi seimbang sangat penting selama berpuasa. Makanan sehat akan menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap produktif sepanjang hari dan terhindar dari ngantuk.

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein, serta yang rendah gula dan lemak. Anda bisa perbanyak makan buah dan sayuran ketika sahur, karena mengandung mineral dan vitamin yang baik meningkatkan daya tahan tubuh.

Rekomendasi