4 Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

| 14 Mar 2024 04:00
4 Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa
Tips cegah bau mulut saat puasa (Pixabay/kreatikar kreatikar)

ERA.id - Bau mulut merupakan kondisi yang dialami banyak orang ketika menjalani puasa. Hal ini sering kali menimbulkan rasa tidak percaya diri, terlebih ketika harus mengobrol dengan orang lain.

Namun, tak perlu khawatir, karena bau mulut saat puasa ternyata bisa diatasi. Berikut beberapa tips cegah bau mulut saat puasa, yang dilansir dari drmichaels.com.

1. Bersihkan mulut secara menyeluruh

Bersihkan mulut secara menyeluruh ketika buka puasa dan sahur. Sikat gigi selama dua sampai tiga menit, dan jangan lupa untuk menggosok lidah juga.

Lidah harus dibersihkan demi menghilangkan bakteri menempel, yang juga menjadi penyebab munculnya bau dari mulut. Selain sikat gigi dan lidah, gunakan juga obat kumur untuk hasil lebih maksimal.

2. Minum air yang cukup

Selama waktu berbuka puasa dan sahur, minumlah banyak air agar mulut tetap terhidrasi, sehingga dapat mencegah munculnya aroma kurang sedap. Usahakan untuk tetap minum 8 gelas sehari ketika puasa, dengan cara dua gelas saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka hingga jelang sahur, dan 2 gelas saat sahur.

3. Hindari makanan manis dan berbau tajam

Mengonsumsi makanan manis terlalu banyak ketika sahur harus dihindari untuk mencegah bau mulut. Ini lantaran makanan manis mengandung gula yang jika dibiarkan membuat bakteri penyebab bau mulut bisa berkembang dengan pesat.

Selain makanan manis, hindari juga konsumsi makanan yang berbau tajam, seperti petai dan jengkol. Makanan ini bisa menimbulkan bau mulut yang menyengat ketika Anda berpuasa.

4. Banyak konsumsi buah dan sayur

Perbanyak konsumsi buah dan sayur ketika berbuka puasa maupun sahur. Buah mengandung cairan yang tinggi, seperti semangka, jeruk, nanas, bisa membuat produksi air liur selama puasa terjaga sehingga mulut kering yang memicu bau bisa teratasi.

Rekomendasi