4 Tips Menjaga Napas Tetap Segar Selama Puasa

| 23 Apr 2021 07:05
4 Tips Menjaga Napas Tetap Segar Selama Puasa
Ilustrasi menjaga napas segar (dailyhealthgoal.com)

ERA.id - Menjalani puasa pastinya setiap orang akan mengalami berbagai masalah pada mulut, seperti bibir kering hingga bau mulut. Hal ini terjadi karena selama berpuasa maka seseorang tidak akan makan ataupun minum selama berjam-jam.

Dilansir dari Okadoc, Jumat (23/4/2021)mulut yang kering merupakan penyebab utama dari napas yang bau. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, berikut tips yang harus dilakukan untuk menjaga napas tetap segar selama puasa di bulan Ramadan.

1. Bersihkan lidah 

Ilustrasi bersihkan lidah (pixabay/ andrepopov)

Untuk membersihkan mulut dan menjaga napas tetap segar tak dapat dilakukan hanya dengan menyikat gigi saja. Usahakan untuk menyikat gigi ditambah dengan membersihkan lidah. 

Membersihkan atau mengikis lidah dapat membuat napas segar tahan lama lebih efektif. Dengan membersihkan lidah, bakteri, lendir, dan kotoran pada lidah yang membuat napas bau akan terangkat dan hilang.

2. Berkumur dengan garam

Tips berikutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga napas segar selama puasa adalah berkumur dengan menggunakan air garam setelah sahur. Caranya gampang banget, cukup larutkan satu sendok garam dengan segelas air, kemudian kumur selama kurang lebih 30 detik. Larutan garam akan bekerja secara maksimal sebagai antiseptik untuk membasmi bakteri penyebab napas bau di mulut.

3. Usahakan minum air putih yang cukup

Ilustrasi minum air putih (unsplash/ nigelmsipa)

Penyebab utama napas bau ketika berpuasa adalah mulut yang kering karena tidak mengonsumsi apapun selama berjam-jam. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi orang yang berpuasa untuk banyak minum air putih saat berbuka dan selesai menyantap makanan sahur. Dengan minum banyak air putih akan menjaga air liur terhidrasi sehingga mulut tidak bau. 

4. Hindari makan yang beraroma tajam

Satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga bau mulut adalah hindari mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki bau tajam, seperti petai, jengkol, dan lainnya. Dengan mengonsumsi makanan jenis ini akan membuat mulut menjadi bau dengan cepat dan berlangsung sepanjang hari. Jadi harus dihindari, ya.

Itulah tips untuk menjaga napas tetap segar selama berpuasa. Selamat mencoba. 

Rekomendasi