Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Lebih Bijak Belanja dan Cermati Keaslian Uang

| 23 Mar 2024 05:30
Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Lebih Bijak Belanja dan Cermati Keaslian Uang
Ilustrasi mengecek keaslian uang (Freepik)

ERA.id - Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat agar bijak dalam berbelanja dan mencermati keaslian uang rupiah menjelang Lebaran 2024, khususnya di Sulawesi Utara (Sulut).

"Pasti akan ada peningkatan aktivitas perdagangan di Sulut jelang Lebaran, jadi kami imbau warga lebih bijak, dan cermat menerima uang," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Jumat, seperti dikutip Antara.

Andry mengatakan, sama-sama mengantisipasi adanya oknum yang tidak bertanggung jawab menyebar uang palsu di saat ramainya transaksi perdagangan.

Pada Ramadhan dan Idul Fitri ini, BI mengimbau masyarakat untuk bijak berbelanja dan mencermati ciri-ciri keaslian uang rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang.

Terkait belanja bijak, dapat diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun pembelian.

Andry mengatakan, penting juga untuk prioritaskan belanja produk dalam negeri khususnya produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta mengalokasikan dana secara tepat yakni berhemat dan menabung.

Rekomendasi