Jalan Kaki 20.000 Langkah per Hari, Perempuan Ini Sukses Turunkan Berat Badan 30 Kg

| 12 Apr 2024 07:30
Jalan Kaki 20.000 Langkah per Hari, Perempuan Ini Sukses Turunkan Berat Badan 30 Kg
Sanjana Grover asal India sukses menurunkan berat badan 30 kg (India.com)

ERA.id - Perempuan asal India berusia 55 tahun, Sanjana Grover mencuri perhatian setelah berhasil menurunkan berat badannya hingga 30 kg dalam setahun.

Ia membagikan perjalanan penurunan berat badannya yang sebagian besar dilakukan dengan berjalan kaki. 

Sanjana Grover mengatakan, awal memulai diet setelah ia bercerai dengan sang suami, yang membuatnya berusaha untuk menjadi lebih baik demi diri sendiri dan keluarganya. Ia pun berkonsultasi dengan ahli nutrisi untuk memulai dietnya dan melakukan banyak hal hingga berhasil turun berat hingga 30 kg dalam setahun. 

“Saya hampir turun hingga 30 kg dalam setahun. Dalam rencana diet, saya menghubungi dan meminta saran dari nutrisionist,” tutur Sanjana Grover dilansir dari India.com. 

Untuk memperlancar dietnya, Sanjana disarankan untuk menambah asupan sayur dan tidak boleh mengonsumsi makanan tidak bernutrisi sehat yang bisa mengganggu dietnya. Kegiatan yang paling berpengaruh juga bagi proses penurunan berat badannya adalah berjalan hingga 20 ribu langkah setiap harinya dalam setahun.

“Saya disarankan untuk menambahkan banyak sayuran dalam diet saya. Sebagai tambahan saya juga secara sadar memutuskan untuk tidak makan sembarangan dalam setahun,” tuturnya.

“Terlebih lagi saya terbiasa berjalan hingga 20 ribu langkah setiap harinya. Saya juga melakukan yoga dan latihan kekuatan otot ringan,” tambahnya.

Selain itu, Sanjana juga memutuskan untuk tidak mengonsumsi gula buatan sejak memutuskan untuk diet. Ia juga berhenti mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung, walaupun hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan.

“Saya benar-benar berhenti konsumsi gula. Selain itu, saya berhenti pada tepung, baik itu dari gandum atau olahan,” ucapnya. 

Meski sulit dan penuh perjuangan untuk menurunkan berat badan, Sanjana menegaskan bahwa dalam prosesnya harus dipenuhi kebahagiaan juga. Hal ini menjadi sarannya bagi orang yang ingin diet, tetapi harus tetap memperhatikan kesehatan mental dan kebahagiaan diri.

“Meskipun saya tidak ahli pada diet, saya ingin membagikan saran bagi mereka yang ingin hidup lebih sehat. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, tetapi pendekatan yang panjang adalah mempertahankan tubuh yang bahagia dan puas dibandingkan membuatnya kelaparan. Kamu tetap bisa menikmati makanan favoritmu, tetapi dengan penuh pertimbangan,” pungkas Sanjana Grover. 

Rekomendasi