7 Tips Mengusir Rasa Lelah dan Pegal Usai Mudik Lebaran

| 14 Apr 2024 19:30
7 Tips Mengusir Rasa Lelah dan Pegal Usai Mudik Lebaran
Foto: Freepik/Queenmoonlite Studio

ERA.id - Mudik Lebaran dalam perjalanan yang jauh, baik saat berangkat maupun pulang membuat tubuh pegal-pegal dan kelelahan. Apalagi, kita menghadapi kemacetan cukup panjang di mobil maupun transportasi umum.

Duduk berjam-jam dalam waktu lama bisa membuat tubuh menjadi tegang dan kaku. Untuk mengatasi masalah pegal, kamu harus mengikuti beberapa langkah ini. Berikut 7 tips efektif untuk mengatasi tubuh pegal-pegal dan capek usai mudik Lebaran, seperti dilansir AFAR Media.

1. Rajin minum air putih

Rajin mengonsumsi air putih sangat penting untuk kesejahteraan, terutama pada berpergian jarak jauh. Untuk menghindari dehidrasi, pikirkan asupan air bahkan sebelum meninggalkan rumah. Buatlah rencana untuk tetap mengonsumsi selama berpergian. 

"Tujuh puluh persen tubuh kita terdiri dari air, dan perjalanan panjang membuat kita mengalami dehidrasi parah, yang akan berdampak luar biasa pada tubuh," ujar Dr. Ron Kapp, yang mewakili Wellness Tourism Association.

"Hal ini menyebabkan sakit kepala, ketidaknyamanan secara keseluruhan," kata Kapp. 

Kapp merekomendasikan untuk membeli sebotol air besar. Selain itu, kamu bisa menambahkan suplemen seperti Athletic Greens untuk meniadakan dehidrasi, serta antioksidan ekstra selama perjalanan pulang.

2. Hindari pakaian terlalu ketat

Penting untuk merasa nyaman dalam perjalanan, sehingga mudah bergerak dan aliran darah tetap mengalir. Kaus kaki kompresi dapat membantu mencegah trombosis vena atau pembekuan darah, yang disebabkan karena tidak ada pergerakan dalam jangka waktu lama. 

Pakaian pun dapat mempengaruhi tubuh ketika duduk dalam waktu lama. Jadi ketika tiba di kamar, gantilah pakaian yang selama ini membatasi kulit dan sirkulasi. Idealnya adalah kenakan pakaian yang longgar.

3. Lakukan beberapa peregangan yoga

Setelah melakukan sesuatu yang lebih nyaman, kamu mungkin ingin menambahkan beberapa pose yoga untuk meregangkan serta meredakan otot yang tegang. Ketegangan ini terjadi akibat nyeri pada tubuh dan kaki. 

"Melakukan flow postflight, kamu tidak hanya menggerakkan tubuh tetapi juga menyegarkan sirkulasi ke seluruh anggota tubuh dan menstimulasi aliran darah," kata Sarah Levey, pendiri Y7 Studio di New York dan Los Angeles. 

Dia merekomendasikan kamu menghadap ke depan dan bawah sebagai dua pose yang bertentangan dengan posisi duduk saat melakukan yoga.

"Lipatan ke depan membalikkan aliran darah dari kaki ke tubuh bagian atas, dan lipatan ke bawah memanjangkan tulang belakang serta meregangkan paha belakang dan bahu,"kata Levey. 

4. Terapi kompresi

Begitu tiba di tempat tujuan, sejumlah perangkat dapat membantu mengatasi rasa sakit dan bengkak. Kamu bisa menggunakan alat pijat mini. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit di kaki, punggung, dan bahu.

Sesampainya di rumah, kamu dapat mencoba sesi terapi kompresi. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi dan menurunkan ketegangan otot. Anna Bjurstam, pelopor kesehatan di Six Senses Spas and Wellness mengatakan terapi kompresi membantu meningkatkan sirkulasi darah di tungkai bawah, pergelangan kaki, dan kaki. Ini adalah pengobatan yang efektif untuk nyeri dan bengkak yang disebabkan oleh kondisi yang berhubungan dengan berpergian. 

"Karena kompresi membantu meringankan otot yang tegang, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan relaksasi." lanjutnya.

5. Coba metode panas dan dingin

Kombinasi terapi panas dan dingin dapat meredakan nyeri tubuh dan kram kaki yang disebabkan oleh otot kaku atau nyeri. Basahi handuk tangan dan masukkan ke dalam lemari es hingga dingin (jangan sampai membeku). Lalu pijat bagian tubuh yang sakit dengan handuk dingin tersebut hingga 20 menit. Lanjutkan dengan mandi menggunakan air hangat.

6. Rendam tubuh menggunakan garam epsom

Jika kamu memiliki bak mandi di kamar mandi, kamu bisa menggunakan air hangat. Tambahkan garam epsom untuk penyembuhan pegal-pegal. Lalu, tambahkan sabun wangi agar tubuh lebih rileks. Selain itu, rendam tubuh menggunakan air garam epsom dapat meningkatkan kualitas tidur.

7. Tidur yang cukup

Setelah mandi, kamu langsung tidur. Berbaring akan memberi energi kembali pada sistem dan merangsang aliran darah ke otot-otot serta meringankan rasa sakit dan nyeri tubuh akibat berpergian jauh.

Rekomendasi