Tips Mudik Lebaran untuk Ibu Hamil Agar Selamat Sampai Tujuan

| 07 Apr 2024 06:10
Tips Mudik Lebaran untuk Ibu Hamil Agar Selamat Sampai Tujuan
Tips mudik lebaran untuk ibu hamil (unsplash)

ERA.id - Bagi ibu hamil yang ingin mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan aman dan nyaman. Simak terus beberapa tips mudik lebaran untuk ibu hamil berikut.

Artikel ini akan membahas tips-tips penting untuk mudik Lebaran saat hamil, mulai dari persiapan fisik dan mental, memilih moda transportasi yang tepat, hingga menjaga kesehatan selama perjalanan.

Tips Mudik Lebaran untuk Ibu Hamil

  1. Persiapan Kesehatan

Ibu hamil yang hendak mudik sebaiknya memeriksakan diri dan kondisi janin. Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk memastikan kondisi kehamilan aman untuk perjalanan jauh. Dokter akan memeriksa perkembangan janin, plasenta, dan risiko kontraksi.

Konsultasi dengan Dokter dan pastikan kondisi kehamilan (unsplash)
  1. Petakan Jalur

Penting untuk memperhatikan jarak tempuh, hal tersebut lantaran ibu hamil idealnya beristirahat setiap 2 jam sekali untuk buang air kecil, meluruskan kaki, dan mencegah kram.

Selain itu, Anda harus tahu peta rest area. Ketahui lokasi rest area di sepanjang rute perjalanan untuk memudahkan akses toilet dan istirahat.

  1. Persiapan Makanan

Selalu siapkan makanan dan camilan dengan membawa makanan kaya protein (ayam, ikan, telur), rendah lemak, dan karbohidrat sesuai berat badan.

Jangan lupa konsumsi sayur-sayuran karena dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, selalu minum air putih yang cukup dalam perjalanan dan hindari.

  1. Bikin Tubuh Nyaman

Penting bagi bunda untuk menggunakan pakaian longgar dan nyaman dan hindari pakaian ketat yang menekan perut.

Selain itu, sempatkan untuk melakukan peregangan ringan. Lakukan peregangan kaki dan tangan secara berkala untuk mencegah pegal-pegal.

Kemudian yang terpenting adalah tetap tenang dan nikmati perjalanan. Hindari stres dan dengarkan tubuh Anda. Jangan lupa, beristirahatlah saat merasa lelah.

  1. Memilih Moda Transportasi

Menentukan moda transportasi yang tepat merupakan faktor penting untuk perjalanan yang aman dan nyaman bagi ibu hamil.  Sebaiknya prioritaskan moda transportasi dengan waktu tempuh paling singkat untuk meminimalisir kelelahan.

Pertimbangkan waktu perjalanan yang ideal, hindari bepergian di malam hari atau saat cuaca buruk.

Selain itu, pilihlah moda transportasi yang menyediakan fasilitas untuk ibu hamil, seperti kursi yang nyaman, toilet, dan ruang untuk bergerak. Jangan lupa untuk memastikan akses ke toilet mudah dan sering, terutama untuk perjalanan jauh.

Tips Aman Mudik Naik Pesawat untuk Ibu Hamil

  1. Sebelum Terbang

Konsultasi dengan Dokter dan pastikan kondisi kehamilan memungkinkan untuk terbang. Idealnya ibu hamil boleh naik pesawat pada trimester kedua (minggu ke-14 hingga ke-28) atau penghujung trimester ketiga.

Selain itu, bawalah surat keterangan dari dokter kandungan yang menyatakan izin terbang. Kemudian lakukan check-up dan update mengenai kondisi kehamilan dengan dokter kandungan sebelum berangkat.

  1. Saat Penerbangan

Ketika berada di dalam pesawat, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian para ibu hamil:

  • Pakaian Nyaman: Gunakan pakaian longgar dan berbahan sejuk untuk menyerap keringat. Sebaiknya pilih alas kaki flat atau sepatu kets.
  • Tempat Duduk: Pilih kursi dekat sayap pesawat untuk sirkulasi udara yang baik dan menghindari tekanan saat pesawat naik. Kemudian posisikan tubuh senyaman mungkin dan bawalah alas kaki untuk meluruskan kaki dan mencegah kelelahan. Penting juga untuk memilih kursi dekat toilet untuk memudahkan buang air kecil.
  • Jadwal Penerbangan: Pastikan jadwal penerbangan dapat diubah (reschedule) untuk mengantisipasi situasi darurat.

Selain tips mudik lebaran untuk ibu hamil, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi